Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Hotel Di Kota Tasikmalaya

Haryono Susilo, Widyahayu Widyahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Rata-Rata Tarif Kamar, Jumlah Wisatawan dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Konstan terhadap penerimaan Pajak Hotel di Kota Tasikmalaya. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data pada tahun 2018 – 2021 yang bertujuan untuk menganalisis penerimaan Pajak Hotel di Kota Tasikmalaya dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari Dinas Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya dan Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Rata-Rata Tarif Kamar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pajak Hotel, Jumlah Wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pajak Hotel, PDRB Konstan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pajak Hotel, Rata-Rata Tarif Kamar.

Kata Kunci: Pajak Hotel; Rata-Rata Tarif Kamar; Jumlah Wisatawan; PDRB Konstan.


Full Text:

PDF

References


Supit, N. L., Kumenaung, A. G., & Tumilaar, R. L. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor YangMempengaruhi Penerimaan Pajak Hotel di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(03), 198-209.

Suardi, Jiuhardi, Muliati. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan danPotensi Pajak Hotel.

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman, 1(1), 53-61.

Sabatini, R., & Purwanti, Y,E. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruihi PenerimaanPajak Hotel di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Economics, 2(1), 1-7.

Waluyo., & Wirawan, B., I. (2008). Perpajakan Indonesia. Salemba Empat. Jakarta. Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Penerbit Andi. Yogyakarta.Sugiyono. (2005). Statistik Untuk Penelitian, Edisi Kedua. CV.Alfabeta. Bandung.

Riduwan., Kuncoro., Engkos, A. (2007). Cara Menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis).Alfabeta. Bandung. Widiyanto. (2013). Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. BadanPenerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Otonomi Daerah.

Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Perpajakan.

Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah danRetribusi Daerah.

Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Kota Tasikmalaya. (2011). Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 4 Tahun2 011 Tentang Pajak Daerah. Sekretariat Daerah. Tasikmalaya.

Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya. (2022). Produk Domestik Regional Bruto. https://tasikmalayakota.bps.go.id/subject/52/produk-domestik-regional-bruto.html.

Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia. (2022). World Tourism Organization. https://kemlu.go.id/portal/id/read/135/halaman_list_lainnya/world-tourism-organization-un-wto

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Apakah Coronavirus dan Covid-19 itu?.

https://infeksiemerging.kemkes.go.id/uncategorized/apakah-coronavirus-dan-covid-19-itu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.