Analisis Penilaian Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada RSUP Persahabatan Jakarta Timur

Muhamad Firmansyah, Dewi Susilowati

Abstract


Balanced Scorecard dapat menerjemahkan visi misi organisasi dan strategi kedalam tujuan- tujuan operasional dan mengukur kinerja untuk empat perspektif yang berbeda. Keempat perspektif tersebut adalah perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal-bisnis, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard di RSUP Persahabatan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data sekunder yang dipublish oleh RSUP Persahabatan pada tahun 2020 dan 2021. Pada perspektif keuangan indikator pertumbuhan pendapatan mengalami kenaikan sebesar 19,67%. Indikator ROA mengalami kenaikan sebesar 0,41%. Pada perspektif pelanggan mengalami kenaikan sebesar 26,5%. Pada perspektif proses bisnis internal pada proses inovasi, opersional, dan proses layanan internal dikatakan baik. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang diukur dengan retensi karyawan mengalami penurunan sebesar 25%. Keempat perspektif Balanced Scorecard sangat berpengaruh terhadap kinerja Rumah Sakit. Untuk menghasilkan kinerja yang baik pihak rumah sakit perlu meningkatkan promosi dan kualitas mutu pelayanan untuk meningkatkan akuisisi pelanggan. Dengan meningkatnya akuisisi pelanggan maka pendapatan rumah sakit juga akan meningkat.

 


Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard.


Full Text:

PDF

References


Jurnal

Citradika, dan danang. 2021. “IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KAB.

BATANG.” Jurnal Riset , Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang 6 (1): 38–46.

Hidayati, at all. 2013. “Analisis Kinerja Instalasi Farmasi Rsud Kanjuruhan Kabupaten Malang Dengan Pendekatan Balanced Scorecard.” Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi 3 (3): 191–96.

Kusdiana, at all. 2021. “ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT BERDASARKAN BALANCED SCORECARD DI RUMAH

SAKIT MUHAMMADIYAH.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 2 (2).

Kusnadi, at all. 2019. “Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja.” Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis 4 (2): 571. https://doi.org/10.32502/jab.v4i2.1956.

Rustam, at all. 2019. “Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Rumah Sakit Sultan Dg. Raja Bulukumba.” Invoice : Jurnal Ilmu Akuntansi 1 (1): 1–22. https://doi.org/10.26618/inv.v1i1.2010.

Suena, at all. 2012. “Analisis Kinerja Pt. Arjuna Yoga Sakti Berdasarkan Metode Balanced Scorecard Analysis.”

Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi vol.2.

Buku

Anni, Krismiaji dan, and Aryani. 2011. Akuntansi Manajemen. Jakarta: UPP-STIM YKPN.

Gaspersz V. (2002). Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta: Gramedia

Gaspersz, Vincent. 2006. sistem Terintgrasi: balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah, Gramedia, Cetakan Kedua Jakarta.

Ilyas, Y. 2002. Kinerja: Teori, Perilaku Dan Penelitian. Pusat Kajian Ekonomi Jakarta

Kaplan, Robert S dan Norton, David P. 1996. Balanced Scorecard, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kaplan, Robert S dan Norton, David P. 2001. Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi menjadi Aksi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lailatus Sa’adah, Moh. Ja’far SM. 2018. Balanced Scorecard: Teori Dn Aplikasi Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perpektif Kepuasan Pelanggan, Perpektif Proses Dan Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran Dan Pertumbuhan, Implementasi Balanced Scorecard Pada Studi Kasus. Yogyakarta: Deeppublish. https://pustaka.mitranetra.or.id/sdm_downloads/balanced-scorecard-teori- dan-aplikasi/.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YLPN

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan, Salemba Empat, Jakarta.

Sabarguna, Boy. 2007. Manajemen Keuangan Rumah Sakit. Yogyakarta :Konsorsium RS Jateng-DIY

Renyowijoyo., Muindro. 2013. Akuntansi Sektor Publik. Organisasi Non Laba. Ed 3. Jakarta: Mitra Wacana Media. https://www.mitrawacanamedia.com/akuntansi-sektor-publik-non-laba-edisi-3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.