Cover Image

MAKANAN TRADISIONAL: PERMASALAHAN, PENDAMPINGAN DAN POTENSI MENEMBUS PASAR EKSPOR

Daryono, Wiwiek Rabiatul Adawiyah

Abstract


Purwokerto sebagai kota tujuan wisata kuliner memiliki makanan olahan yang
khas, yaitu keripik tempe. Produk olahan keripik tempe ini menjadi produk unggulan,
dalam rangka mengembangkan industri keripik tempe di wilayah Purwokerto, Jurusan
Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED mengadakan kegiatan pengabdian
kepada pelaku industri keripik tempe. Kegiatan berupa pendampingan dan
penyuluhan. Kegiatan penyuluhan masyarakat yang diusulkan bertujuan untuk: (1)
meningkatkan kemampuan wirausaha mitra, (2) meningkatkan kualitas dan pangsa
pasar produk dan (3) meningkatkan kemampuan manajerial mitra. Tim pengabdian
kepada masyarakat akan bekerjasama dengan dua mitra yang termasuk masyarakat
produktif yaitu Toko Tempe Kripik Sawangan No. 1 dan Toko Tempe Kripik Siti. Kedua
mitra tersebut bergerak di bidang industri makanan yang memproduksi makanan
tradisional khas Banyumas.
Luaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini
adalah: (1) Teknologi tepat guna untuk membuat produk makanan berkualitas eksport,
(2) Prototype produk berkualitas eksport, (3) Teknologi tepat guna untuk membuat
perencanaan dan analisa bisnis, (4) Metode pemasaran yang tepat dan pola kemitraan
untuk meningkatkan pangsa pasar, (5) Jasa pendampingan administrasi keuangan.
Untuk mencapai tujuan dan target luaran yang telah ditetapkan kegiatan pengabdian
kepada masyarakat ini akan dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode.
Metode yang digunakan meliputi penyuluhan/ sosialisasi, pelatihan, workshop, dan
pendampingan kepada mitra.

Full Text:

VIEW JOURNAL

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Performance by Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia