PERSEPSI KEPUASAN DAN MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PENCATATAN INFORMASI KEUANGAN (SIAPIK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan penggunaan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) melalui metode Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari perceived of usefulness (persepsi kemanfaatan), perceived ease of use (persepsi kemudahan penggunaan), user satisfaction (kepuasan pengguna) dan interest (minat), serta menambahkan variabel lain yaitu perceived of trust (persepi kepercayaan), dan perceived of security (persepsi keamanan). Pengujian data dilakukan dengan metode analisis Structured Equation Modeling (SEM)-Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian ini yaitu seluruh pengguna aplikasi SIAPIK. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen pendamping kewirausahaan yang telah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan telah mendapatkan pelatihan aplikasi/web SIAPIK di Kota Tasikmalaya. Data penelitian berupa data primer dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh sebanyak 53 responden dosen pendamping kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived of usefulness, perceived of trust dan perceived of security memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction, sedangkan perceived of ease to use tidak berpengaruh positif signifikan. Selanjutnya, user satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap interest.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adawiyah, W. R. (2014). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 2(2), 165.
Aryanto & Farida. (2021). 4713-Article Text-12240-1-10-20220131. 14(2), 281–290.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.
BankIndonesia. (2022). Dorong Umkm Naik Kelas Melalui Penggunaan Aplikasi Pencatatan Keuangan. In Siaran Pers. https://bi.go.id
Basak, S. K., Govender, D. W., & Govender, I. (2016). Examining the impact of privacy, Security, and trust on the TAM and TTF models for e-commerce consumers: A pilot study. 2016 14th Annual Conference on Privacy, Security and Trust (PST), 19–26. https://doi.org/10.1109/PST.2016.7906922
Budiastuti, A. D. P., & Muid, D. (2020). Analisis faktor-faktor pengaruh minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi shopee dengan menggunakan Technology …. Diponegoro Journal of Accounting, 9, 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/29074%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/download/29074/24586
Creswell, J. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaf dan Campuran. Pustaka Belajar.
Davis, F. (2011). Delle vicende dell’agricoltura in Italia; studio e note di C. Bertagnolli. Management Information Systems Research Center, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., Rosidah, Radhiah, & Jannah, R. (2022). Analisis Aplikasi Pajak (E-Filling Dan E-Billing) Berbasis Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 8(1), 100–120.
Fornell, C ; Larcker, D. . (1981). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables dan Measurement Error. Journal of Marketing Reserach, 1, 39–50.
Ibrahim, R., Leng, N. S., Yusoff, R. C. M., Samy, G. N., Masrom, S., & Rizman, Z. I. (2018). E-learning acceptance based on technology acceptance model (TAM). Journal of Fundamental and Applied Sciences, 9(4S), 871. https://doi.org/10.4314/jfas.v9i4s.50
Lestari, T., Hizazi, A., & Muhammad, G. (2020). Analisis Penerimaan Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (Saiba) Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama Mitra Layanan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (Kppn) Jambi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Universitas Jambi, 5(4), 285. https://online-journal.unja.ac.id/jaku
Limayem, M., & Cheung, C. M. K. (2008). Understanding information systems continuance: The case of Internet-based learning technologies. Information and Management, 45(4), 227–232. https://doi.org/10.1016/j.im.2008.02.005
Lucyanda, J. (2010). Pengujian Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Planned Behavior (Tpb). JRAK Agustus, 2(1995), 1–14.
Lucyanda, J., Fakultas, D. A., & Unisma, E. (2010). Pengujian Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Planned Behavior (Tpb). JRAK Agustus, 2(1995), 1–14.
Merhi, M., Hone, K., & Tarhini, A. (2019). A cross-cultural study of the intention to use mobile banking between Lebanese and British consumers: Extending UTAUT2 with security, privacy and trust. Technology in Society, 59(July), 101151. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101151
Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20–38.
Nasution, F. N. (2004). Penggunaan Teknologi berdasarkan Aspek Perilaku. In USU Digital Library (pp. 1–10).
Nisa, U. K., & Solekah, N. A. (2002). The Influence of TAM, Social influence, Security Relationship Toward Intention to Use E Wallet through Attitude and Trust. IQTISHODUNA, 18(1), 1–16.
Oliver, R. L. (2010). Satisfaction: A Behavioral perspective on the consumer (2nd ed.). ME Sharp Incorporated.
Ongtang, M., Mclaughlin, S., Enck, W., & McDaniel, P. (2009). Semantically Rich Application-Centric Security in Android. In Security and Communication Networks (Vol. 5). https://doi.org/10.1109/ACSAC.2009.39
Pantow, A. K., Sungkowo, B., Limpeleh, E. A. N., & Tand, A. A. (2021). Penerimaan Mahasiswa Akuntansi atas Aplikasi Myob Accounting dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Owner, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.33395/owner.v5i1.314
Patel, K. J., & Patel, H. J. (2018). Adoption of internet banking services in Gujarat. International Journal of Bank Marketing, 36(1), 147–169. https://doi.org/10.1108/ijbm-08-2016-0104
Perekonomian, K. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Siaran Pers. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
Polites, G. L., & Karahanna, E. (2016). Shackled to the Status Quo: The Inhibiting Effects of Incumbent System Habit, Switching Costs, and Inertia On New System Acceptance. MIS Quarterly, 36(1), 1–23.
Purbananda, B. P., Falah, S., & Simanjuntak, A. (2022). Analisis Model Penerimaan Sistem Teknologi Akuntansi Disektor Umkm Jayapura Dengan Pendekatan Model Technology Acceptance Model (Tam). Apssai Accounting Review, 1(2), 130–143. https://doi.org/10.26418/apssai.v1i2.10
Raditya, V. R., Primasari, D., & Widianingsih, R. (2022). Analisis Penggunaan Teknologi Aplikasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Kabupaten Banyumas Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 1(1). https://doi.org/10.32424/1.jras.2022.1.1.6482
Radner, R., & Rostchild, M. (1994). On the allocation of overhead costs. European Accounting Review, 3(1), 49–70. https://doi.org/10.1080/09638189400000003
Rahmawati, R. N., & Narsa, I. M. (2019). Intention to Use e-Learning: Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM). Owner, 3(2), 260. https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.151
Santosa, A. D., Taufik, N., Prabowo, F. H. E., & Rahmawati, M. (2021). Continuance intention of baby boomer and X generation as new users of digital payment during COVID-19 pandemic using UTAUT2. Journal of Financial Services Marketing, 26(4), 259–273. https://doi.org/10.1057/s41264-021-00104-1
Seetharaman, A., Nanda Kumar, K., Palaniappan, S., & Weber, G. (2017). Factors Influencing Behavioural Intention to Use the Mobile Wallet in Singapore. Journal of Applied Economics and Business Research JAEBR, 7(2), 116–136.
Shaw, N. (2014). The mediating influence of trust in the adoption of the mobile wallet. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(4), 449–459. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.03.008
Suryani, E., Almanika, S., & Septiawan, A. (2021). Persepsi Ukm Terhadap Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Dan Theory of Planned Behavior. Jmm Unram - Master of Management Journal, 10(3), 199–214. https://doi.org/10.29303/jmm.v10i3.665
Trivedi, S, K., & Yadav, M. (2018). Predicting Online Repurchase Intentions with e-Satisfaction as Mediator: a Study on Gen Y. Journal of Information and Knowledge Management Systems, 48(3), 427–447.
Wallace, L. G., & Sheetz, S. D. (2014). The adoption of software measures: A technology acceptance model (TAM) perspective. Information and Management, 51(2), 249–259. https://doi.org/10.1016/j.im.2013.12.003
Wang, W. T., Ou, W. M., & Chen, W. Y. (2019). The impact of inertia and user satisfaction on the continuance intentions to use mobile communication applications: A mobile service quality perspective. International Journal of Information Management, 44(May 2018), 178–193. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.10.011
Wiratama, K., & Sulindawati, N. L. G. E. (2022a). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, pengetahuan akuntansi dan kompatibilitas terhadap minat umkm dalam menggunakan aplikasi si apik. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(01), 58–69.
Wiratama, K., & Sulindawati, N. L. G. E. (2022b). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Pengetahuan Akuntansi dan Kompatibilitas terhadap Minat UMKM dalam Menggunakan Aplikasi SIAPIK. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 13(01).
DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v25i1.3629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Indexed by :
Partnership with Professional Association :