STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN (Studi Kasus pada CV. Mutiara Tour)

Tiyan Fatkhurrokhman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen pada CV. Mutiara Tour. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam penelitian ini juga menggunakan metode pengujian dengan Analisis SWOT. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa CV. Mutiara Tour pada posisi kuadran I yang memiliki kekuatan internal sebesar 2,22, kelemahan 1,41, peluang 1,95, dan memiliki ancaman sebesar 1,59, hal tersebut merupakan situasi yang menguntungkan. CV. Mutiara Tour memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).


Keywords


CV. Mutiara Tour, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

David, F. R. (2006). Manajemen Strategis. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Effendi, U. (2014). Asas-Asas Manajemen. Depok: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Fahmi, I. (2014). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Harline & Ferrel. (2005). Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.

Rangkuti, F. (2013). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2008). The Power Of Brands. Jakarta: Gramedia.

Hubeis, Musa, & Mukhamad, N. (2014). Manajemen Strategik dalam Pengembangan DayaSaing Organisasi. Jakarta: Gramedia.

J.Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Edisi Global. Malaysia: Pearson.

Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syofian, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: KENCANA.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tripomo & Udan. (2005). Manajemen Strategi. Bandung: Rekayasa Sains.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v25i2.3789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :