Pengaruh Self Awareness dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru SMP dengan Variabel Moderasi Pendidikan dan Pelatihan di Kecamatan Prambanan saat Pandemi COVID-19

Fitria Dwijayanti, Tri Mardiana, Purbudi Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh self awareness terhadap kinerja guru, pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja guru, pengaruh pendidikan dan pelatihan sebagai variabel moderasi hubungan antara self awareness terhadap kinerja guru, serta pengaruh pendidikan dan pelatihan sebagai variabel moderasi hubungan antara komitmen organisasional terhadap kinerja guru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kecamatan Prambanan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh, jumlah sampel sebanyak 50 guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Self awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, 3) Pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan dengan memperkuat pengaruh self awareness terhadap kinerja guru, 4) Pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan dengan memperkuat pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja guru.

Kata kunci: self awareness; komitmen organisasional; pendidikan dan pelatihan; kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Busro, M. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media.

Dessler, Gary, (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Indeks: Jakarta

Fauzani, M. I. Al, & Mujanah, S. (2022). Effect of IT Capabilities, Organizational Support, and Self Awareness Towards Organizational Commitment and Performance of Vocational High School Teachers in Surabaya. 8.5.2017, 2003–2005.

Goleman, D. (2018). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hervie, D. M. (2018). Enhancing Teachers’ Performance through Training and Development in Ghana Education Service (A Case Study of Ebenezer Senior High School). Journal of Human Resource Management, 6(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.jhrm.20180601.11

Lianna, L. (2017). Pengaruh motivasi dan komitmen organisasional pada kinerja guru dimediasi oleh kepuasan kerja.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmat, A., & Husain, R. (2012). Profesi Keguruan. Gorontalo: Ideas Publishing.

Robbins, S. P. (2017). Organizational Behaviour 2nd Edition. New York: Pearson.

Rusdin. (2017). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru Di Smp Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200. https://doi.org/10.52239/jar.v5i4.885

Sudja, I. N., & Yuesti, A. (2017). The Influences of Education and Training , Leadership , Work Environment , Teacher Certification On Discipline and Teacher ’ s Professionality In High School at Bali Province. Scientific Research Journal (SCIRJ), 5(9),102–108.

Sutianah, C. (2022). Profesi Kependidikan. Jakarta: Penerbit Qiara Media.

Yusuf, R. M., & Syarif, D. (2018). Komitmen Organisasi. Nas Media Pustaka.

Zeke, K., Katuuk, D. A., Lengkong, J. S. J., Nicodemus, V., & Rotty, J. (2021). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. 10, 15–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.