Analisis Strategi Pemasaran dan Studi Kelayakan Bisnis pada Produk Pisang Cavendish (Studi pada Badan Usaha Milik Desa Kartika Mandiri Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas)
Abstract
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kartika Mandiri Desa Karangkemiri memiliki unit usaha pertanian pisang cavendish. Adanya potensi yang cukup besar dari unit usaha ini jika dikembangkan dapat menjadi produk unggulan dari Desa Karangkemiri sehingga dapat memberdayakan masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dan kelayakan investasi dengan pendekatan aspek finansial pada produk pisang cavendish BUMDes Kartika Mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari penelitian didapatkan hasil analisis mengenai segmen,target, posisi pasar dan juga bauran pemasarannya. Hasil analisis aspek finanlsial menunjukan usaha ini layak untuk dijalankan dan dikembangkan. Hal ini dikarenakan penghitungan NPV diperoleh nilai positif, nilai IRR lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku, nilai penghitungan PI lebih besar dari satu, dan PP berada sebelum batas periode waktu kembali modal.
Keywords: Strategi pemasaran; Studi Kelayakan Bisnis; BUMDes; Pisang Cavendish
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., Hanny, H., Tjun, L. T., Debbianita, D., Joni, J., & Batistuta, F. F. F. (2022). Analisis Studi Kelayakan Usaha Air Minum Berbasis Chlorine Dioxide Pada Unit Usaha BUMDes Kertajaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 18-31.
Carlina, M. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Tour & Travel Pada PT. Indoloka Wisata Mandiri. Jurnal Ilmu Administrasi Publik dan Bisnis, 1(2), 59-79.
Djaelani, S., Asyari, Y., Yuliani, Y., & Suryadi, H. (2020). Strategi Pemasaran Buah Jeruk Petani Melalui Bumdes Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Hendrawan, H. (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro–Bunda Culinary. JKBM (Junal Konsep Bisnis dan Majemen), 7(2), 127-138.
Husriah, H., Sari, M., Yunarsi, Y., Rahma, F., & Fatmala, W. Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan Tongkol BUMDes Lagunci Di Desa Bahari Tiga Kecamatan Sampola Kabupaten Buton Selatan. Economix, 9(2).
Jamaluddin, M. A., Widodo, W. D., & Suketi, K. (2019). Pengelolaan Perkebunan Pisang Cavendish Komersial di Lampung Tengah, Lampung. Buletin Agrohorti, 7(1), 16-24.
Kamseno, M. (2018). Analisa Kelayakan Usaha dan Strategi Pemasaran Keripik Olahan Talas di Desa Tekad-Lampung. Teknologi: Jurnal Ilmiah dan Teknologi, 1(1), 10-17.
Nurhayati, C., Rusman, Y., & Pardani, C. (2017). Analisis USAhatani Pisang Ambon (Musa Acuminate L). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 1(2), 83-88.
Ratnasari, D., Astuti, N., & Manullang, R. R. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Usaha Ikan Hias Lokal Khas Bangka Belitung Di Wilayah Kota Pangkalpinang (Tahun2020-2021). Jurnal Media Wahana Ekonomika, 18(4), 444-467.
Syamsir, L., Hubeis, M., & Pandjaitan, N. H. (2009). Aspek Kelayakan Usaha dan Strategi Pemasaran Pallet dengan ISPM# 15 pada PT XYZ di Palembang. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 4(2), 225-235.
Utami, D. P. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Mikro Pengolahan Kulit Manggis KWT Sri Lestari Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan, 9(1), 13-23.
Wardana, F. K., Qomaruddin, M., & Soeroto, W. M. (2021). Analisis Kelayakan Investasi Dengan Pendekatan Aspek Financial Dan Strategi Pemasaran Pada Program Ayam Petelur di BUM Desa Bumi Makmur. Sebatik, 25(2), 318-325.
Wulandari, D. Y. (2020). Analisis Segmentaning, Targeting, Dan Positioning Pada Strategi Pemasaran Gerabah DI Sentra Kerajinan Keramik Kelompok Makmur Jaya Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Hinai Kab. Langkat. Jumant 12(1), 38-48.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kasmir dan Jakfar. (2012). Study Kelayakan Bisnis, Jakarta: Fajar Interpratama Offset.
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.
Rangkuti Freddy, 2016. Analisis SWOT; Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi (A. Cristian (ed.); 1st ed.). Andi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.