Pengaruh Citra Merek, Komunikasi Merek, Kewajaran Harga dan Perceived Quality terhadap Loyalitas Merek Pasta Gigi Nasa

Roikha Nurjanah, Fatwa Zuhaena, Arinastuti Arinastuti, Akbar Pahlevi, Heri Setiawan, Andhi Johan Suzana, Rahma Hani Aisya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, komunikasi merek, kewajaran harga dan perceived quality terhadap loyalitas merek. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022 dan lokasi penelitian ini di kota Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pasta gigi NASA di kota Purbalingga. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Sedangkan variabel komunikasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Kewajaran harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Selanjutnya variabel perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Keterbatasan penelitian dalam proses pengambilan data secara online menggunakan google form, sehingga kurang mendapatkan respon yang baik dan kurang mendapatkan persepsi yang sama dari responden. Saran untuk penelitian yang akan datang hendaknya dapat menambhakan variable lain yang dapat mempengaruhi loyalitas merek seperti brand trust.

Keywords: Citra Merek; Komunikasi Merek; Kewajaran Harga; Perceived Quality dan Loyalitas Merek.


Full Text:

PDF

References


Achadi, A., Surveyandini, M., & Prabawa, A. (2021). Pengaruh Kualitas Website E-Commerce, Kepercayaan, Persepsi Risiko dan Norma Subyektif terhadap Minat Beli Secara Online di bukalapak. com. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1207-1212.

Adhitya, B. (2021). Analisis Determinan Cadangan Devisa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 184-187.

Adhitya, B., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi dan Rata-Rata Jumlah Anggota Keluarga Per Rumah Tangga terhadap Kemiskinan di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 288-295.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 4(No 1), pp. 120-136.

Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 8(No. 1), pp. 1-13.

Asy’ari, A. H., & Jayen, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Merek Handphone Merek Samsung Di Kalimantan Selatan. Jurnal Pundi, Vol. 03(No. 03), pp. 235-248.

Awaliyah, M., Nugraha, G. A., & Danuta, K. S. (2021). Pengaruh Intensitas Modal, Leverage, Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1222-1227.

Chinomona , R., Mahlangu, D., & Pooe, D. (2013). Brand Sercuce Quality, Satisfaction, Trust and Preference of Consumer Brand Loyalty in the Retailing Industry. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol. 4(No. 14), pp. 181-190.

Consuegra, D. M., Molina, A., & Esteban, A. (2007). An integrated model of price, satisfaction and loyalty: an empirical analysis in the service sector. Journal of Product & Brand Management, Vol. 16(No. 7), pp. 459-468.

Dhurup, M., Mafini, C., & Dumasi, T. (2014). The impact of packaging, price and brand awareness on brand loyalty: Evidence from the paint retailing industry. Acta Commercii, Vol. 14(No. 1), pp. 1-9.

Handayani, L., Danuta, K. S., & Nugraha, G. A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 96-99.

Dessriadi, G. A., Harsuti, H., Muntahanah, S., & Murdijaningsih, T. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 195-198.

Koesoemasari, D. S. P., Haryono, T., Trinugroho, I., & Setiawan, D. (2022). Investment Strategy Based on Bias Behavior and Investor Sentiment in Emerging Markets. Etikonomi, 21(1), 1-10.

Low, G. S., & Lamb, C. W. (2000). The Measuring And Dimensionality Of Brand Association. Journal Of Product And Brand Management, Vol. 9(No. 6), pp. 350-368.

Matzler, K., Renzl, B., & Faullant , R. (2007). Dimensions of price satisfaction: a replication and extension. International Journal of Bank Marketing, Vol. 25(No. 6), pp. 394-405.

Muntahanah, S., Cahyo, H., Sundari, S., Surveyandini, M., Danuta, K. S., & Murdijaningsih, T. (2022). Analisis struktur modal pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2020. AKUNTABEL, 19(2), 275-283.

Muntahanah, S., Huda, N. N., & Wahyuningsih, E. S. (2021). Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Financial Distress pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 311-314.

Muntahanah, S., Cahyo, H., Setiawan, H., & Rahmah, S. (2021). Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1245-1248.

Murdijaningsih, T., & Muntahanah, S. (2021). Audit Delay Analysis to Support the Effectiveness of Company’s Financial Reporting on Manufacturing Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(1), 160-163.

Muntahanah, S., & Murdijaningsih, T. (2020). Peran Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan Pertambangan Di Indonesia. Jurnal Proaksi, 7(2), 234-243.

Nirmala, N., Muntahanah, S., & Achadi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Feb Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Monex: Journal of Accounting Research, 11(01), 1-9.

Novitasari, A., & Suryani, T. (2017). Peran Kepercayaan Merek, Citra Merek dan Celebrity Endorsment Terhadap Loyalitas Merek Bedak Tabur Wardah. Journal of Business and Banking, Vol. 7(No. 2), pp. 251-261.

Nurdiansari, R., & Indriani, F. (2017). Studi Mengenai Brand Communication, Brand Image dan Brand Trust Serta Pengaruhnya Terhadap Brand Loyalty Pada Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Diponegoro Journal of Management, Volume 6(Nomor 4), pp. 1-14.

Octisari, S. K., Murdijaningsih, T., & Suworo, H. I. (2021). Akuntabilitas Masjid Berdasarkan Isak 35 di Wilayah Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1249-1253.

Panggarti, U., Zumaeroh, Z., Purnomo, S. D., Retnowati, D., & Adhitya, B. (2022, April). Studi komparatif ketimpangan antar pulau di Indonesia. In Forum Ekonomi (Vol. 24, No. 2, pp. 288-298).

Purnomo, S. D. (2021). Analysis of Labor Absorption in Central Java Province. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 240-244.

Purnomo, S. D., Adhitya, B., & Zumaeroh, Z. (2021). Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Industri Mikro dan Kecil di Indonesia. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(1), 85-95.

Purnomo, S. D., Cahyo, H., & Mukharomah, S. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah pada Masyarakat Kabupaten Banyumas. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 343-350.

Purnomo, S. D., & Danuta, K. S. (2022). Analisis Kemampuan Keuangan Daerah terhadap Kemiskinan: Studi Empiris di Sumatera Utara. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 215-220.

Rahmatulloh, Yasri, & Abror, A. (2018). The Influence of Brand Image and Perceived Quality on Brand Loyalty with Brand Trust as Mediator in PT Bank Syariah Mandiri. Advances in Economics, Business and Management Research, Volume 64, pp. 570-579.

Rokhayati, I., Harsuti, H., & Lestari, D. P. (2021). Analisis Karakteristik Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 51-57.

Rokhayati, I., Lestari, H. D., Harsuti, H., & Rosadi, W. (2021). Why Stock Returns on Property and Real Estate Companies on BEI?. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1228-1231.

Rokhayati, I., Nirmala, N., & Oktaviani, W. T. (2021). Capital Structure Conditions Affected by Company Internal Factors: a Case Study of Non-Cyclicals Consumer Companies on Indonesian Stock Exchange. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 351-356.

Rokhayati, I., Purnomo, S. D., Retnowati, D., Winarto, H., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analysis of financial distress in banking companies listed on the indonesian stock exchange. AKUNTABEL, 19(2), 269-274.

Rokhayati, I., Wahyuningsih, E. S., & Kurniawan, S. A. (2021). Bagaimana Mengukur Nilai Perusahaan Dari Faktor Internal Perusahaan? Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Di Bei. Monex: Journal of Accounting Research, 10(2), 174-183.

Sahin, A., Zehir, C., & Kitapçı, H. (2011). The Effects of Brand Experiences, Trust and Satisfaction on Building Brand Loyalty; An Empirical Research On Global Brands. Procedia Social and Behavioral Sciences, 24 (2011), pp. 1288–1301.

Stefano, B. A., & Yuliawati. (2019). Analisis Determinasi Brand Loyalty Singkong Keju D-9. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 10(No. 2), pp. 247-266.

Sugiama, A. G., & Pambudy, E. F. (2017). Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Pada Wisata Nusantara Di Kartika Sari Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, Vol. 17(No. 1), pp. 1-14.

Sundari, S., & Uripi, C. R. (2021). Kapabilitas Membangun Jaringan dengan Pemasok untuk Meningkatkan Kinerja Operasional Pada Toko Aksesoris Telepon Genggam Di Kabupaten Banyumas. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 84-95.

Surveyandini, M., & Achadi, A. (2021). Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan American English Course Purwokerto. Sebatik, 25(1), 241-247.

Surveyandini, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Konsumen Karita Muslim Square Purwokerto. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 277-281.

Vernadila, R. Y., & Realize. (2020). Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek dan Perceived Quality Terhadap Loyalitas Merek Sensodyne. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol. 5(No. 3), pp. 633-646.

Winarto, H., Poernomo, A., & Prabawa, A. (2021). Analisis Dampak Kebijakan Moneter terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(1), 34-42.

Winarto, H., Zumaeroh, Z., & Retnowati, D. (2022). Pengaruh Human Capital, Upah Minimum dan Angkatan Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sektor Industri Pengolahan di Provinsi Jawa Tengah. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 190-194.

Zehir, C., Sahin, A., Kitapçı, H., & Özúahin, M. (2011). The Effects of Brand Communication and Service Quality In Building Brand Loyalty Through Brand Trust; The Empirical Research On Global Brands. The Journal of Procedia Social and Behavioral Sciences , 24 (2011), pp. 1218–1231.

Buku

Aaker, D. (2003). Manajemen Ekuitass Merek. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Qiara Media.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.

Keller, K. L. (2000). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 Edisi 13 ed.). Jakarta: Erlangga.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2009). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen (Edisi 2 ed.). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Schultz, Done, E., Barnes, B. E., Heidi, S. F., & Marian, A. (2015). Building Customer-Brand Relationship. Routledge.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Yohyakarta: ANDI.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta: ANDI.

Tslotsou, R. (2003). The Roel of Perceived Quality and Overall Satisfaction on Purchase Intentions. International Journal Of Consumer Studies, Vol. 30(No. 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.