Antesenden Brand Switching Produk Skincare ke Merek Safi di Wilayah Kota Cilacap
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, electronic word of mouth, variety seeking dan kualitas produk terhadap brand switching produk skincare ke merek Safi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022 dan lokasi penelitian adalah di wilayah kota Cilacap. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sebelumnya menggunakan skincare merek lain berpindah ke merek skincare Safi di wilayah kota Cilacap. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hipotesis pertama menyatakan bahwa ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek dapat diterima. Hipotesis kedua menyatakan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek dapat diterima. Hipotesis ketiga menyatakan bahwa variety seeking berpengaruh positif dan signfikan terhadap perpindahan merek dapat diterima. Hipotesis keempat menyatakan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek dapat diterima.
Kata kunci: ketidakpuasan konsumen; electronic word of mouth; variety seeking; kualitas produk; brand switchingÂFull Text:
PDFReferences
Adhitya, B., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi dan Rata-Rata Jumlah Anggota Keluarga Per Rumah Tangga terhadap Kemiskinan di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 288-295.
Adhitya, Bagus. "Analisis Determinan Cadangan Devisa di Indonesia." Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21.1 (2021): 184-187.
Anggraeni, R., Evanita, S., & Sofya, R. (2018). Pengaruh Endorser, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Peralihan Merek (Brand Switching) Bedak Padat Maybelline di Kota Padang. EcoGen, 1(4), 785-793.
Ardina, S., & Whyosi, S. (2019). Pengaruh Dissatisfaction, Variety Seeking, Electronic Word Of Mouth dan Religiosity Terhadap Brand Switchig Produk Kosmetik Lain Ke Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 01(01), 26-35.
Arianto, A. B. (2013). Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series Di Kota Malang. JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, 11(2), 294-305.
Armazura, D. F., Evanita, S., & Tasman, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Switching Leptop Axioo pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 01(01), 107- 115.
Bashori, A. (2018). Pengaruh Ketidakpuasan dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Smartphone Samsung ke Merek Smartphone Lain di Wilayah Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1-8.
Dessriadi, G. A., Harsuti, H., Muntahanah, S., & Murdijaningsih, T. (2022). Pengaruh Kebijakan Dividen, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 195-198.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (edisi 9 ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Indriani, R. A., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Mencari Variasi, Ketidakpuasan Konsumen, Harga dan e-WOM Terhadap Perpindahan Merek (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Galaxy Series Yang Berpindah ke Iphone). Jurnal Ekobis Dewantara, 3(2), 17- 27.
Korry, P. D., & Suartini, N. W. (2018). Influencing Factor On Brand Switching Behavior Between Millennial and X Generation in Mobile Phone Market. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 5(6), 80-92. doi:https://doi.org/10.21744/irjmis.v5n6.378
Koesoemasari, D. S. P., Haryono, T., Trinugroho, I., & Setiawan, D. (2022). Investment Strategy Based on Bias Behavior and Investor Sentiment in Emerging Markets. ETIKONOMI, 21(1), 1-10.
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 Edisi 13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Masita,Tri Esti. (2016). Pengaruh Branding Terhadap Perilaku Konsumen, Majalah Ilmiah Manajemen & Bisnis, Volume 13 Nomor 1
Marisa , P. A., Sri, I. S., & Harti. (2021). Effect Of Vaiety Seeking and Electronic Word Of
Mouth on Brand Switching (Study On Millennial Generation as Modern Coffe Shop
Consumers in Surabaya). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 333-345. doi:http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i8.2976
Muntahanah, S., Cahyo, H., Sundari, S., Surveyandini, M., Danuta, K. S., & Murdijaningsih, T. (2022). Analisis struktur modal pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2020. AKUNTABEL, 19(2), 275-283.
Muntahanah, S., Cahyo, H., Setiawan, H., & Rahmah, S. (2021). Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1245-1248.
Muntahanah, S., Huda, N. N., & Wahyuningsih, E. S. (2021). Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Financial Distress pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 311-314.
Muntahanah, S., & Murdijaningsih, T. (2020). Peran Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan Pertambangan Di Indonesia. Jurnal Proaksi, 7(2), 234-243.
Musnaini, & Wijoyo, H. (2021). Impact Of Variety Seeking And Electronic Word Of Mouth Of Cosmetic Brand Switching (Studi Pada Industry Kosmetik di Indonesia). EKONAM: Jurnal Ekonomi, 03(1), 23-32.
Nirmala, N., Muntahanah, S., & Achadi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Feb Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Monex: Journal of Accounting Research, 11(01), 1-9.
Panggarti, U., Zumaeroh, Z., Purnomo, S. D., Retnowati, D., & Adhitya, B. (2022, April). Studi komparatif ketimpangan antar pulau di Indonesia. In FORUM EKONOMI (Vol. 24, No. 2, pp. 288-298).
Panggarti, U., Zumaeroh, Z., Purnomo, S. D., Retnowati, D., & Adhitya, B. (2022, April). Studi komparatif ketimpangan antar pulau di Indonesia. In FORUM EKONOMI (Vol. 24, No. 2, pp. 288-298).
Purnomo, S. D., & Danuta, K. S. (2022). Analisis Kemampuan Keuangan Daerah terhadap Kemiskinan: Studi Empiris di Sumatera Utara. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 215-220.
Purnomo, S. D., Cahyo, H., & Mukharomah, S. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah pada Masyarakat Kabupaten Banyumas. J- MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 343-350.
Purnomo, S. D., & Danuta, K. S. (2022). Analisis Kemampuan Keuangan Daerah terhadap Kemiskinan: Studi Empiris di Sumatera Utara. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 215-220.
Putra, E. (2018). The Effect Of Product Quality, Advertising And Customer Satisfaction On Smartphone Brand Switching (Case Study Of STIE Pasaman Students). e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 6(3), 287 -295.
Purnomo, S. D., Adhitya, B., & Zumaeroh, Z. (2021). Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Industri Mikro dan Kecil di Indonesia. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(1), 85-95.
Peter, J., & C. Olson, J. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Salemba Empat
Rokhayati, I., & Achadi, A. (2022). Analysis of Company Characteristics to Company Value in Manufacturing Company Sector of Consumption Goods Industry Listed in Bei. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan.
Rokhayati, I., Purnomo, S. D., Retnowati, D., Winarto, H., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analysis of financial distress in banking companies listed on the indonesian stock exchange. AKUNTABEL, 19(2), 269-274.
Rokhayati, I., Nirmala, N., & Oktaviani, W. T. (2021). Capital Structure Conditions Affected by Company Internal Factors: a Case Study of Non-Cyclicals Consumer Companies on Indonesian Stock Exchange. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 351-356.
Rokhayati, I., Lestari, H. D., Harsuti, H., & Rosadi, W. (2021). Why Stock Returns on Property and Real Estate Companies on BEI?. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1228-1231.
Rokhayati, I., Wahyuningsih, E. S., & Kurniawan, S. A. (2021). BAGAIMANA MENGUKUR NILAI PERUSAHAAN DARI FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN? STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DI BEI. Monex: Journal of Accounting Research, 10(2), 174-183.
Rokhayati, I., Harsuti, H., & Lestari, D. P. (2021). Analisis Karakteristik Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 51-57.
Rokhayati, I. (2020). Analisis Rasio Ineternal Perusahaan Yang Berpengaruh Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan Konvensional. Monex: Journal of Accounting Research, 9(2), 178-189.
Rokhayati, I., & Achadi, A. (2022). Analysis of Company Characteristics to Company Value in Manufacturing Company Sector of Consumption Goods Industry Listed in Bei. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan.
Rokhayati, I., Purnomo, S. D., Retnowati, D., Winarto, H., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analysis of financial distress in banking companies listed on the indonesian stock exchange. AKUNTABEL, 19(2), 269-274.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.
Sundari, S., & Uripi, C. R. (2021). Kapabilitas Membangun Jaringan dengan Pemasok untuk Meningkatkan Kinerja Operasional Pada Toko Aksesoris Telepon Genggam Di Kabupaten Banyumas. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 84-95.
Winarto, H., Poernomo, A., & Prabawa, A. (2021). Analisis Dampak Kebijakan Moneter terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(1), 34-42.
Winarto, Hari, Adi Poernomo, and Agus Prabawa. "Analisis Dampak Kebijakan Moneter terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia." J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 6.1 (2021): 34-42.
Refbacks
- There are currently no refbacks.