Pengaruh Kejenuhan Belajar, Konsep Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kejenuhan belajar, konsep diri dan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2018-2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 145 mahasiswa dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 107 mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik proportional stratified random sampling dan purposive sampling. Teknik untuk mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuisioner terhadap subyek penelitian sesuai dengan kebutuhan penelitian dan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) Kejenuhan belajar berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; 2) Konsep diri berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; 3) Dukungan sosial orang tua berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; 4) Kejenuhan belajar, konsep diri dan dukungan sosial orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman dengan nilai F hitung sebesar 46,691. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan antara kejenuhan belajar, konsep diri dan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi mahasiswa.
Keywords: Kejenuhan Belajar, Konsep Diri, Dukungan Sosial Orang Tua, Motivasi Berprestasi.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling. Vol. 4. No. 1. Hal 96-102.
Amseke F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1 No. 1, Hal. 65-81. DOI:http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index.
Amseke, F. V., Daik, M. A., & Liu, D. A. L. (2021). Dukungan Sosial Orang Tua, Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol. 5. No. 1. Hal. 241-250. DOI: 10.24912/jmishumsen.v5i1.9957.2021.
Burhan, Sigit, A., Alwi M., (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga, Konsep Diri Akademik dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa UPPJB-UT Makassar (Studi Pada Mahasiswa Pendas Pokjar Tana Toraja). CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education. Vol. 5, No. 1. Hal. 69-83. DOI: https://e-journal.my.id/cjpe.
David, L., E., V., Matulessy, A., & Pratikto, H., (2014). Pola Asuh Demokratis, Kemandirian, dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa. Persona Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 03. No. 01. Hal. 65-70. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.370.
Djaali, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif (Edisi V). Jakarta: Puspa Swara.
Helfajri, M., & Ardi, Z. (2020). The Relationship between Bournout and Learning Motivation in Full-day Scholl Students at SMPN 34 Padang. Journal Neo Konseling. Vol. 2. No. 3. Hal. 1-7. 2657-0564.
Jannah, M. (2018). Hubungan Konsep Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Aceh di Malang. Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim.
Karlina, V. D. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Dukungan Sosial Orang Tua, dan Fasilitas Belajar di Kampus terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Penerima Bidikmisi di Universitas Sanata Dharma Angkatan 2015 dan 2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Lukita, D., & Sudibjo, N., (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10. No. 1. Hal. 145-161.
Magdalena, I., dkk. (2021). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Sukabumi: CV Jejak. Diakses dari http://books.google.com/books.
Maslihah, S. (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 10, No.2. Hal. 103-114.
Mirdanda, A. (2019). Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pontianak: PGRI Kalbar.
Diakses dari http://books.google.com/books.
Nofrizal, N., Nirwana, H., & Alizamar, A. (2020). The Contribution of Parents Attention to Student Achievement Motivation. Journal of Educational and Learning Studies. Vol. 3. No. 1. Hal. 55- 63.
Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S., (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu. Vol. 05. No. 05. Hal. 3101-3108. 2580-1147. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Save the Children. (2020, Juli 15). Dampak Tersembunyi dari Covid-19. Save the Children Online.
Diakses dari https://savethechildren.or.id.
Setyaningrum, A. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Gugus Hasanudin Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta.
Shidik, M. A. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Vol. 8. No.2. Hal. 553-569. DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.177.
Sujadi, E. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Locus of Control Terhadap Motivasi Berprestasi. Educational Guidance and Counseling Development Journal. Vol. 1. No. 1. Hal.32-51. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4808.
Suprisma, A., (2015). Hubungan Burnout Syndrome dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Profesi
Ners di STIKES Patria Husada Blitar. Skripsi. Blitar:STIKES Patria Husada.
Susanto, A. (2018). Bimbingan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Group. Diakses dari http://books.google.com/books.
Ummi, A., Marsidin, S., & Mudjiran. (2020). Contribution of Academic Self-Concept and Parental Social Support to Learning Motivation. International journal of Applied Counseling and Social Sciences. Vol. 02. No. 01. Hal. 94-99. 2774-9134. DOI: https://doi.org./10.24036/00543ijacs.
Vitasari, I. (2016). Kejenuhan (Burnout) Belajar di Tinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Warsiki, A. Y. N., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Self-Concept Dan Self-Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Berbasis KKNI. Buletin Ekonomi: Manajemen. Ekonomi Pembangunan. Akuntansi. Vol 17. No. 2. Hal. 245-256. Diakses dari http://www.jurnal.upnyk.ac.id.
Yahya, Y. (2017). Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Konsep Diri Pada Siswa SMP H. Isriati Semarang.
Skripsi. Semarang:Universitas Katolik Soegijapranata.
Refbacks
- There are currently no refbacks.