STRATEGI PEMASARAN PENGUSAHA PEMPEK DADAKAN DALAM MENGHADAPI PERMINTAAN MENJELANG IDUL FITRI

Saladdin Wirawan Effendy

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pengusaha pempek dadakan dalam menghadapi permintaan menjelang Idul Fitri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap informan penelitian. Informan penelitian ini adalah pengusaha pempek dadakan dan konsumen.

Pengusaha pempek dadakan ini mempunyai target konsumen kelas menengah yang berada di dalam kota Palembang maupun kota Palembang yang melakukan konsumsi pempek bukan di tempat penjualan tetapi mengkonsumsinya di tempat konsumen sendiri. Harga yang di tawarkan relatif murah dibandingkan dengan pengusaha pempek konsvensional Sedangkan untuk tempat berjualan maupun promosi produk pengusaha ini memanfaatkan media sosial sepertiĀ  Facebook, instagram, blog, Whatsapp dan lain-lain serta aplikasi lain seperti Gojek atau Grab. Sedangkan untuk distribusi menggunakan perusahaan ekspedisi yang sedang berkembang pesat untuk konsumen luar kota dan Gojek atau Grab untuk dalam kota.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.