LITERASI ICT DAN PERILAKU HEDONIST DALAM MEMILIH TEMPAT WISATA DI KALANGAN KELAS MENENGAH SEBAGAI PENGARUH GAYA HIDUP
Abstract
Pemilihan tempat wisata yang dianggap sanggup merefleksikan gaya hidup hedonis tentunya harus dapat diidentifikasi. Gaya hidup hedonis dalam penentuan tempat wisata ini tentunya juga dipengaruhi oleh bagaimana masyarakat kalangan menengah memanfaatkan media untuk memperoleh dan mengolah informasi. Untuk itu perlu kiranya mengetahui keputusan pemilihan tempat wisata yang dipengaruhi oleh gaya hidup hedonis sebagai akibat dari tingkat literasi informasi dan literasi digital kalangan menengah, yang akan dituangkan menjadi sebuah penelitian dengan judul “Perilaku Hedonis dalam pemilihan tempat wisata di kalangan middle class sebagai pengaruh dari gaya hidup”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis dan literasi ict terhadap keputusan dalam memilih tempat wisata. Lokasi penelitian ini adalah di kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang diberikan kepada masyarakat kalangan menengah di kota Tasikmalaya. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah gaya hidup, literasi ict, dan keputusan pembelian. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan judgment sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modelling (SEM). Analisis ini dibantu dengan menggunakan program komputer AMOS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup hedonis berpengaruh terhadap keputusan kalangan menengah dalam memilih tempat wisata di Tasikmalaya. Sedangkan literasi ICT tidak berpengaruh terhadap pemilihan keputusan tempat wisata pada kalangan menengah di kota Tasikmalaya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.