ANALISIS PENGARUH FAKTOR PENENTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TENGKLENG DI SURAKARTA

Marjam Desma Rahadhini

Abstract


Tengkleng merupakan salah satu makanan khas dari Solo yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo. Selain cita rasa dari tengkleng, pemilik usaha warung makan tengkleng perlu memperhatikan faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Selain budaya yang mempengaruhi keputusan pembelian, faktor sosial dan pribadi juga dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, sosial, dan pribadi terhadap keputusan pembelian konsumen tengkleng di wilayah Kadipiro Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian adalah konsumen tengkleng, sampel sebanyak 100 responden dari konsumen 2 warung makan tengkleng di Kadipiro Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, data diperoleh menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial dan pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan faktor budaya berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen tengkleng di Kadipiro Surakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.