PENGARUH KUALITAS PENGALAMAN TERHADAP NILAI YANG DIPERSEPSIKAN, PENGETAHUAN PRODUK, KEPUASAN, DAN NIAT PERILAKU: MAHASISWA PASCASARJANA (STUDI KASUS: WISATA MUSEUM YOGYAKARTA)
Abstract
Untuk lebih memahami kebutuhan pengunjung pada wisata museum di Yogyakarta, makalah ini mengusulkan kerangka konseptual yang mengklasifikasikan means-end theory di tiga tingkatan: atribut produk = expereience quality; nilai-nilai pribadi = perceived value, product knowledge; dan konsekuensi penggunaan = satisfaction dan behavioral intention. Penulis secara empiris menguji seluruh kerangka dalam model penenlitian dengan mensurvei 264 sampel mahasisswa pascasarjana pada universitas-universitas yang ada di Yogyakarta. Uji Analasis SEM (Program AMOS v 23 dan SPSS) digunakan untuk menganalisis pengaruh keseluruhan variabel pada hipotesis yang sudah dibuat. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pengalaman pengunjung museum secara langsung mempengaruhi kepuasan, dan / atau tidak langsung mempengaruhi niat perilaku mereka. Pengetahuan produk pengunjung museum secara langsung mempengaruhi kepuasan, dan / atau tidak langsung mempengaruhi niat perilaku mereka. Nilai yang dipersepsikan pengunjung museum secara langsung mempengaruhi kepuasan, dan / atau tidak langsung mempengaruhi niat perilaku mereka.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.