Pengaruh Social Commerce, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli

Dezan Pandu Biantoro, Surpiko Hapsoro Darpito, Tugiyo Tugiyo, Hadi Oetomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Social Commerce, Brand Image, dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Produk Erigo. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan alat pengumpulan datanya adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah follower Official Account Instagram Erigo. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban 100 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah  regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Social Commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Produk Erigo pada official account instagram Erigo, 2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Produk Erigo pada official account instagram Erigo, 3) Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Produk Erigo pada official account instagram Erigo.

 

Kata Kunci: social commerce, brand image, brand trust, minat beli

Full Text:

PDF

References


Chen, C. C., Hsiao, K. L., & Wu, S. J. (2018). Purchase intention in social commerce: An empirical examination of perceived value and social awareness. Library Hi Tech, 36(4), 583–604. https://doi.org/10.1108/LHT-01-2018-0007

Thorbjorsen, H., Supphellen, M., Nysveen,H., Pedersen, Per Egil. (2002). Building Brand Relationships Online : A Comparison of Two Interactive Applications. Journal of Interactive Marketing, 16 (3), 17 - 34. https://doi.org/10.1002/dir.10034

Szymanski, D.M., Hise, R.T. (2000). E-satisfaction: an initial examination. Journal of Retailing, 76 (3), 309 - 322. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(00)00035-X

Hajli, N., J. Sims, A.H Zadeh, M.-O. Richard. (2017). A social commerce investigation of the role oftrust in a social networking site on purchase intentions. Journal of Business Research. 71, 133 - 141. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.10.004

Purwanti, S. L., Mursityo, Y. T., & Rachmadi, A. (2019). Analisis Faktor Minat Beli , Social commerce , Kepercayaan Dan Followers Dalam Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Facebook Hijup. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 2070–2079

Ridwanudin, R., & Fanni, H. H. (2019). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Minat Beli Konsumen Daihatsu Grand New Xenia Di Bandung. Jurnal E-Proceeding of Applied Science, 5(2), 1– 10.

Sohn, J. W., & Kim, J. K. (2020). Factors that influence purchase intentions in social commerce.

Technology in Society, 63(August), 101365. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101365 Wardani, A. D., & Maskan, M. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Handphone Samsung. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 145–148.

Kanani, R., & Glavee-Geo, R. (2021). Breaking the uncertainty barrier in social commerce: The relevance of seller and customer-based signals. Electronic Commerce Research and pplications, 48(April), 101059. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2021.101059

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management,15th Edition. United States ofAmerica: Pearson

Sekaran, U. dan Bougie, R. 2017, Metode Penelitian Untuk Bisnis (Pengembangan Pendekatan-Keahlian) Edisi 6 Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip, and Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT.Indeks. 2009a. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.———.2016, Marketing Management, Edisi Global 15, Pearson Education Limited, New York.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/25/13300057/mengenal-social-commerce-fenomena- belanja-lewat-media-sosial?page=2.

Masalah Umum Belanja "Online" Halaman all - Kompasiana.com https://ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/id/artikel/805-4-alasan-kenapa-social- commerce- patut-jadi-platform-penjualan-untuk-bisnis https://entrepreneur.bisnis.com/read/20210214/88/1355959/strategi-pengusaha-fesyen- terus- melejit-di-masa-pandemi-tinggalkan-cara-kuno. https://www.idntimes.com/men/style/indra/10- brand-kaos-lokal-kekinian-yang- recommended-dibeli-1

https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/07/15/founder-erigo-curhat-ke-menteri- perdagangan-

banyak-produk-imitasinya-dijual-di-marketplace


Refbacks

  • There are currently no refbacks.