Analisis Pengaruh Laporan Keberlanjutan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Moderasinya

Retno Setioningsih, Laeli Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris pengaruh pengungkapan laporan keberlanjutan terhadap nilai perusahaan dan pengaruh pengungkapan laporan keberlanjutan terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diambil dari data laporan tahunan perusahaan sektor industri pertambangan pada periode 2015 sampai 2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 47 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) namun dengan menerapkan teknik purposive sampling maka yang menjadi sampel hanya 15 perusahaan. Nilai perusahaan diukur dengan price to book value (PBV), pengungkapan laporan keberlanjutan diukur dengan item GRI-G4 dan ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan dummy 0 dan 1. Data diolah dengan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bukti bahwa luas pengungkapan laporan keberlanjutan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan mampu memoderasi hubungan pengungkapan laporan keberlanjutan terhadap nilai perusahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan informasi kepada perusahaan untuk dapat berkontribusi dalam peningkatan nilai perusahaan dengan memperhatikan seberapa luas perusahaan dalam mengungkapkan laporan keberlanjutan. Perusahaan besar atau kecil wajib mengungkapkan laporan keberlanjutan. Investor yang cerdas tidak akan tertarik pada perusahaan yang abai dengan laporan keberlanjutan.

 

Kata Kunci: Laporan Keberlanjutan, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Akerlof, G. . (1970). The Market For Lemons: Quality Uncertainty And The Market Mechanism. Quarterly Journal of Economicsi, 84, 488–500.

Astuti, K. D., Safi’i, R., & Nofianti, N. (2020). Determinan Nilai Perusahaan Di Industri Property, Real Estate, Dan Konstruksi. JIAFE, 6(1), 93–106.

Ayem, S., & Nikmah, J. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1(2). https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.179

Dachlan, U. (2014). Panduan Lengkap Structural Equation Modeling. Lentera Ilmu.

Febriansyah, W. H., Andriyani, Y., Hak, N., & ... (2021). The Effect of Corporate Social Responsibility (CSR) and Profitability on BRI Syariah Company Value (BRIS) for the 2018-2020 Period. Journal of Indonesia Management, 1(3), 302–309.

https://www.penerbitadm.com/index.php/JIM/article/view/184

Fodio, M. ., Abu-Abdissamad, A. ., & Oba, V. . (2013). Corporate Social Responsibility and Firm Value in Quoted Nigerian Financial Services. International Journal of Finance and Accounting, 2(7), 331 – 340.

Ghozali, I., & Latan, H. (2017). Partial Least Squares Konsep, Metode dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS 5.0 (3rd ed). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goh, T., & Simanjuntak, A. (2018). The Influence of Firm Size, Export Ratio and Earning Variablity On Firm Value with Economic Exposure as Intervening Variable in The Manufacturing Industry Sector. Advances in Economics, Business and Management Research (AEBMR), 46.

Hardian, A. P., & Asyik, N. F. (2016). Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dan CSR Sebagai Variabel Moderasi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA

) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntans, 5(September), 1–16.

Hartono, J. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Edisi Ke-6). Universitas Gadjah Mada.

Hutabarat, A. C., & Siswantaya, I. G. (2018). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Ajar, 3(01), 68–87.

Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKTUAL, 17(1), 66. https://doi.org/10.47232/aktual.v17i1.34

Kesumastuti, M. A. R. M., & Dewi, A. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Usia dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1854. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i07.p19

Kiptoo, N. W., Soi, N., & Chepsergon, A. (2017). Effect of Firm Size and Board Gender on Corporate Social Responsibility Investment of Firms Listed in Nairobi Security Exchange in Kenya. International Journal of Economics, Commerce and Management, 5(11), 2005–2015.

Kock, N. (2015). One-tailed or two-tailed P values in PLS-SEM? International Journal of E-Collaboration, 11(2), 1–7.

Kwok, N., & Kwok, A. G. (2020). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Asing Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei Periode 2016 - 2018. Jurnal Akuntansi Bisnis, 13(1), 22–33. https://doi.org/10.30813/jab.v13i1.1976

Magerakis, E., Gkillas, K., Tsagkanos, A., & Siriopoulos, C. (2020). Firm Size Does Matter: New Evidence on the Determinants of Cash Holdings. Journal of Risk and Financial Management, 13(8), 163. https://doi.org/10.3390/jrfm13080163

Mipo. (2022). Pengaruh Profitabilitas , Leverage , Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Moderating Variable Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Owner: Riset &

Jurnal Akuntansi, 6(1), 735–746.

Mukhtaruddin, M., Ubaidillah, U., Dewi, K., Hakiki, A., & Nopriyanto, N. (2019). Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Firm Value, and Financial Performance as Moderating Variable. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 3(1), 55. https://doi.org/10.28992/ijsam.v3i1.74

Puspaningrum, Y. (2017). Pengaruh Corporate Sosial Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating. Jurnal Profita, 2(2).

Putra, A. Y. S., Suherman, & Kurniati, D. (2020). Corporate Social Responsibility Dan Nilai Perusahaan: Moderasi Corporate Governance. 1(2686–4932), 1–12. www.ine.es

Putra, I. W., Mangantar, M., & Untu, V. N. (2021). The Effect Of Company Profitability, Leverage And Size On Company Value In Manufacturing Companies Registered In Indonesia Stock Exchange For 2014-2018. Jurnal EMBA, 9(2), 92–100.

Putri, A. K., Sudarma, P. M., & Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2).

Putri, M. O. D., & Wiksuana, I. G. B. . (2021). The Effect of Liquidity and Profitability on Firm Value Mediated By Dividend Policy. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(1), 204–212. www.ajhssr.com

Rahmadhani, D. T., & Anwar, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Csr Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Proaksi, 8(2), 484–497.

Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Jurnal Ganec Swara, 15(September 2020), 813–823. https://doi.org/10.54367/jrak.v5i1.539

Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ganec Swara, 15(1), 813. https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.179

Rahmantari, N. L. L., Sitiari, N. W., & Dharmanegara, I. B. A. (2019). Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value With Company Size and Profitability as Moderated Variables in Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Jaadhita, 6(2), 121–129.

Rehanil A, D., Aurora L, T., & Solikhin, A. (2021). The Effect Of Corporate Social Responsibility Disclosure On Firm Value With Firm Size As A Moderating Variable Pengaruh. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 10--17.

Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 1(14), 56–69.

Saragih, H. P. (2019). Harga Minyak Rontok 5%, Saham Pertambangan Berguguran. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20190524092615-17-74787/harga-minyak-rontok-5- saham-pertambangan-berguguran

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2020). Analisis SEM - PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian SOsial dan Bisnis. Penerbit ANDI.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Alfabeta.

Ta, H. T. T., Bui, N. T., & Le, O. T. T. (2018). The Relationship Between Corporate Social Responsibility Disclosures And Corporate Value: Evidence from Listed Companies on Vietnam’s Stock Market. International Finance and Banking, 5(2), 22. https://doi.org/10.5296/ifb.v5i2.13868

Weiss, J. W. (2022). Business Ethics A Stakeholder and Issues Management Approach. In Angewandte

Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Seventh Ed). Berrett-Koehler Publishers, Inc.

Widiastari, P. A., & Yasa, G. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 23(2), 957–981.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.