Analisis perilaku konsumen terhadap produk batik tulias Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v20i1.1082Abstract
Peningkatan industri batik menjadi peluang sekaligus menjadi tantangan bagi pelaku usaha industri batik. Peluang menjadi semakin terbuka lebar sejak batik ditetapkan sebagai warisan budaya. Persaingan terjadi bukan hanya di dalam negeri saja, melainkan dari berbagai negara. Hal ini menjadi tantangan bagi pelaku usaha batik tradisional yang masih berskala mikro kecil dan menengah yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya.
Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha batik adalah dengan memahami bagaimana karakter, kebutuhan, dan keinginan konsumen agar produk batik yang diproduksi diminati oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di Banyumas dan sekitarnya, dengan menggunakan data primer berupa tanggapan responden dan data sekunder lainnya.Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perilaku konsumen batik tulis secara umum dan khususnya niat berperilaku konsumen dalam membeli produk batik tulis banyumas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen batik tulis didominasi oleh kalangan usia usia 41-50 tahun. Konsumen batik tulis juga didominasi oleh kaum wanita. Dari segi pendidikan didominasi oleh konsumen dengan pendidikan Sarjana. Sebagian besar konsumen batik tulis adalah bekerja sebagai PNS. Pendapatan paling banyak yaitu antara Rp. 3.000.000-Rp. 5.000.000. Sebagian besar responden menyatakan bahwa mereka membeli batik tulis di toko/butik/showroom batik yang ada disekitar responden. Kisaran harga batik yang dibeli yaitu kurang dari Rp 500.000. Dalam melakukan pembelian konsumen memiliki beberapa pertimbangan, antara lain, pertimbangan motif sebanyak 39%, kecocokan dengan selera sebanyak 25%, warna sebanyak 11%, harga sebanyak 13%, dan kehalusan kain sebanyak 12%. Hal-hal tersebutlah yang mendasari keputusan pembelian batik tulis.
Kata Kunci: Batik, Perilaku Konsumen
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).