DAMPAK INOVASI TERHADAP TRANSFORMASI LINGKUNGAN DALAM PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

Maisaroh Maisaroh

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif naratif, mencoba menggambarkan
praktik kewirausahaan sosial dan inovasi yang dihasilkan, serta dampaknya pada transformasi
lingkungan di Puri Mataram Desa Tridadi Sleman Yogyakarta. Data penelitian diperoleh melalui
wawancara mendalam terhadap pimpinan Puri Mataram, pemerintah desa, dan masyarakat.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa Puri Mataram mejalankan praktik kewirausahaan sosial
dengan mengusung tema wisata keluarga dan budaya, yang menawarkan tiga konsep wisata,
yaitu wisata kuliner, wisata alam, dan wisata edukasi budaya. Manajemen beroperasi melalui
pemberdayaan kepada masyarakat dengan 3 cara, yaitu merekrut tenaga kerja dari masyarakat
sekitar, program membangun sistem pemasok yang terintegrasi bekerja sama dengan gabungan
kelompok tani, serta program pemberdayaan ekonomi kelompok ibu-ibu melalui program
pasar ndelik. Inovasi produk yang berhasil diciptakan adalah restoran dan kafe, taman bunga,
embung dan wahana bermain, serta pasar ndelik.
Dampak praktik kewirausahaan sosial dan inovasi dapat dilihat dari 3 sisi, pertama
lingkungan sosial, dengan munculnya destinasi wisata baru di kabupaten sleman, dan
berkurangnya angka kenakalan remaja. Kedua, lingkungan ekonomi, dengan bertambahnya
pemasukan kas desa Tridadi, transformasi bisnis dan income warga, serta penurunan tingkat
pengangguran. Ketiga, lingkungan alam, melalui transformasi lingkungan alam dari lahan tidak
termanfaatkan, menjadi satu taman rekreasi warga yang bernilai jual tinggi. Secara teoritis, hasil
penelitian ini memberikan implikasi bahwa praktik inovasi terbaik dalam kewirausahaan sosial
akan memberikan pengaruh positif dalam transformasi lingkungan. Praktik inovasi terbaik
selalu melibatkan semua komponen manajemen, pemangku wilayah, maupun masyarakat.
Penelitian kedepan juga bisa difokuskan pada peran masyarakat dalam praktik inovasi yang
berkelanjutan dalam upaya mendukung kewirausahaan sosail serta mendukung transformasi
lingkungan.

Keywords


Kewirausahaan sosial, inovasi produk, pemberdayaan

References


Atalay M., Anafarta N., Sarvan F. (2013). The Relationship Between Innovation and Firm Performance: An Empirical Evidence From Turkish Automotive Supplier Industri. Elsevier Ltd.

Boschee J., Clurg M.J. (2003). Toward A Better Understanding of Social Entrepreneurship: Some Important Distinctions. http://www.caledonia.org.uk/papers/Social-Entrepreneurship.doc.

Dees, G.J. (1998). The meaning of social Entreprenership. Paper, Stanford: Kauffman

Center for Entrepreneurial Leadership. Stanford University.

Diah A.P., Partini, Peni W.S. (2018). Tantangan Sociopreneurs Yogyakarta di Era Communication 3.0. Profetik Jurnal Komunikasi. No 12-25.

Eisner, Alan B, GT Lumpkin and Gregory G Dess. (2008). Strategic Management text and cases fourth edition. Mc Graw hill. New York.

Haryanti, D. M., Hati, S.R.H., Astari, W., Susanto, K. (2016). Berani jadi Wirausaha Sosial? Jakarta: Bank DBS Indonesia.

Hulgard L. (2010). Discourses of Social Entrepreneurship Variations of The Same Theme. EMES European Research Network.

Hurley F.R., Hult M.T.G. (1998). Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing. Vol 62, No 42-54.

Hockerts K. (2010). Social Entrepreneurship Between Market and Mission. International Review of Entreprenuership, Vol 8, No. 177-19.

Hurley, R., Hult G., THomas. M. (1998). ”Inovation, Market Orientation, and Organizational

Learning: An Intergration and Empirical Examination”. Journal of Marketing.

Jones, C. 2015. What is a Social Enterprise?. https://www.clearlyso.com/what-is-a-social-enterprise-2.

Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusumasari, Suyatna. (2015). Memahami Model Bisnis Organisasi Sosial (Social Entrepreneurship) di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media

Kurniawan F., Parela A.K. (2018). Sosioentrepreneurship Masyarakat Gusuran Dalam Membangun Kampung Wisata Tematik Topeng Malangan. Jurnal Sosiologi. Vol 2, No.2

Kusnadi E., Iskandar D. (2017). Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun PArtisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III. UAD. Yogyakarta

Law, K.S., Wong, C.S., & Mobley W., H. (1998). Toward a taxonomy of multidimensional constructs. Academy of Management Review. 23, 741-755

Nicholls A. (2006). Social Entreprenuership: New Models of Sustainable Social Change. Oxford: Oxford University Press.

OECD and Eurostat. (2005). Oslo Manual-Third Edition: Guidelines For Collecting And Interpreting Innovation Data. Paris.

Pratiwi S. (2016). Pengaruh Inovasi Produk dan Differensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Industri Pakaian Anak Pagarsih Bandung. http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Puspitasari C.D. (2018). Menjadi Sociopreneur Muda: Potret dan Dinamika Momsociopreneur ‘Sanggar ASI. Jurnal Studi Pemuda. Vol 7, N0. 2.

Salim A. (2018). Pengaruh Sociopreneurship Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pengusaha UMKM Pada Debitor di PT Esta Dana Venture. Journal for Business and Entrepreneur. Vol 2, No.2.

Shah A., Maisaroh. (2019). Kewirausahaan Sosial, Upaya Pebisnis Membantu Mengatasi Permasalahan Sosial Di Masyarakat (Studi Kasus: Praktik Kewirausahaan Sosial CV Agradaya Minggir Sleman Yogyakarta). Proceeding SAME 1 Lampung. Vol 1.

Suyanto, Pratono H.L., Gunawan. (2018). Kewirausahaan Sosial Dan Transformasi Lingkungan Di Jawa Timur: Kajian Ekonomi Sosial. http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/27831.

Suparman D. (2012). Kewirausahaan Sosial Berbasis Organisasi Masyarakat (Ormas). Jurnal ISTEK. Vol 6, No 1-2.

Sutarto J., Mulyono E.S., Nurhalim K., Pratiwi H. (2018). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kecakapan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal Desa Wisata Mandiri Wanurejo Borobudur Magelang. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 35 No 1.

Suryana. (2001). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Suyatna H., Nurhasanah Y. (2011). Sociopreneurship Sebagai Tren Karir Anak Muda. Jurnal Studi Pemuda. Vol 6 No.1.

Weerawardena J., Mort S.G. (2005). Investigating social entrepreneurship: A multidimensional model. Journal of World Business 41: 21-31

Widodo M. (2011). Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Wirausaha Lulusan SMK. Eksplanasi. Vol 6 Nomor 2 Edisi September.

Yaumidin K.U. (2013). Kewirausahaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Tantangan Sinergi Multi-Sektor dan Multi Dimensi. Jurnal Ekonomi dan Pembanguna. Vol 21, No.1.

Zikmund, W.G., & Babin, B.J. (2011). Menjelajah Riset Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i1.1785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :