ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN MEREK (BRAND SWITCHING) PADA PRODUK SUSU

Fitri Susanti, Cecep Safa’tul Barkah, Pratami Wulan Tresna, Arianis Chan

Abstract


Saat ini, industri pengolahan susu semakin berkembang. Ada beberapa jenis produk olahan susu yang muncul seperti susu murni, susu kurma, susu madu, susu almond dan berbagai olahan lainnya. Iseemilk merupakan salah satu usaha yang menjual susu sapi murni di Kebumen. Akhir-akhir ini semakin banyak UMKM bermunculan yang menjual olahan susu murni seperti Malindo Milk, Omah Susu Cafe, Kedai Susu Kopi Moow, dan lain-lain. Masuknya beberapa pesaing-pesaing baru tersebut, cukup berdampak besar bagi penjualan perusahaan dan menyebabkan persaingan semakin ketat. Akibatnya penjualan Iseemilk Cabang Kebumen selama tiga bulan terakhir mengalami penurunan. Maka dari itu peneliti memutuskan untuk meneliti tentang faktor- faktor yang mempengaruhi perpindahan produk (brand switching) pada konsumen Iseemilk ke Malindo Milk. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasinya yaitu konsumen Iseemilk yang pernah mengunjungi Malindo Milk sedangkan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil riset ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi perpindahan merek adalah kualitas dan munculnya produk baru. Strategi pemasaran yang diusulkan yaitu menciptakan inovasi produk berupa penambahan varian produk olahan susu, menambahkan varian rasa.


Keywords


brand switching, kualitas, munculnya produk baru

References


Anisa, N. A., & Harti. (2014). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Beralih Merek (Brand Switching) Ke Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya).

Dharmawan, D. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Brand Switching Susu Kental Manis Indomilk Ke Merk Lain Dengan Respon Emosi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Kebumen) .

Khasanah, A. U., & Kuswati, R. (123-131). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merek Pada Produk Smartphone. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Volume 17, Nomor 2, Desember 2013.

Khasanah, A. U., & Kuswati, R. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merek Pada Produk Smartphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Yang Melakukan Perpindahan Merek Dari Blackberry Ke Non Blackberry). Seminar Nasional Dan Call For Paper (Sancall 2014), 5-11.

Kurniasari, R. D. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Padaproduk Kerajinan Enceng Gondok “Akar”). Skripsi.

Loprang, J. V. ( Vol 3 ,No.4, 2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Perpindahan Merek Mie Instan (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 332-345.

Nurjanah, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Brand Switching Pada Kartu Seluler (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Kartu Seluler Di Dusun Tegalyoso).

Prastya, S. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Indosat Im3. Skripsi.

Purwati, A. A., & Wijaya, A. (2015). Analisis Perbedaan Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Suku Cadang Sepeda Motor Merek Aspira Dan Federal Di Provinsi Riau (Studi Kasus Pada Pt Calispo Jaya Abadi – Provinsi Riau).

Putra, Y. S. (Vol.6 No.12, Desember 2013). Analisis Brand Switching Handphone Blackberry Di Salatiga ( Studi Kasus Pada Pengguna Handphone Blackberry Di Stie Ama Salatiga) . Among Makarti .

Romadhon, G. (Volume 2, Nomor 3, Desember 2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Perpindahan Pelanggan . Jurnal Manajemen Dan Akuntansi.

Susanti. (2011 ). Pengaruh Harga, Promosi, Persediaan Produk Dan Ketidakpuasan Layanan Terhadap Brand Switching Pada Pelanggan Sim Card Gsm Di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Semarang. Jurnal Manajemen.

Wengkang, O. B. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Berpindah Merek ( Brand Switching ) Kartu Prabayar Gsm. Skripsi.

Wijaya, Y. S., Fauzi Dh. , A., & Sunarti. (Vol. 12 No. 2 Juli 2014). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2011/2012 Universitas Brawijaya Yang Beralih Merek Ke Smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab).

Tatik Suryani, Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran,(Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008), H. 301-304.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i1.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :