ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR DAN MENGETAHUI KINERJA KEUANGAN PADA SENTRA FOOD INDONESIA

Fatihah Izzatul Yusrany, Ihsan Kholifuddin, Khurotul A’yuni

Abstract


Analisis laporan keuangan merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengkaji, mengukur, dan memahami hal-hal yang tertulis dalam laporan keuangan suatu perusahaan. Dari analisis ini, dapat diketahui kondisi dan keuangan perusahaan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memeriksa kesehatan perusahaan adalah dengan memeriksa laporan keuangan. Hal ini dikarenakan kita menggunakan laporan keuangan untuk mengetahui kinerja perusahaan. Laporan keuangan merupakan salah satu informasi terpenting dalam menilai perkembangan suatu perusahaan dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk menilai kondisi keuangan masa lalu, sekarang, dan kemungkinan. Analisis rasio keuangan ini membantu menentukan apakah perusahaan memiliki kinerja keuangan yang baik. Analisis rasio dapat dikategorikan ke dalam berbagai jenis, seperti rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas. Informasi mengenai laporan keuangan yang dievaluasi sangat diperlukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan posisi keuangan dan kinerja perusahaan. Berdasarkan uraian di atas, maka terlihat bahwa penggunaan analisis rasio keuangan dapat menggambarkan kinerja keuangan yang telah dicapai pada perusahaan terutama berkaitan dengan pengambilan keputusan memenuhi semua kegiatan operasional perusahaan. Dengan manajemen keuangan usaha untuk mengalokasikan dana tersebut dapat dilakukan secara efisien.


Keywords


rasio keuangan, likuiditas, solvabilitas, aktivitas, profitabilitas.

References


Ahmad Faisal, Dkk. (2017). “Analisis Kinerja Keuangan.” 14(1):6–15.

Azizah, Fithri. (2022). “Analisis Laporan Keuangan.”

Cahyono, Krido Eko. (2016). Modul Analisis Laporan Keuangan.

Elisa. (2016). “ANALISA RASIO LAPORAN KEUANGAN PADA PT. JASA SARANA CITRA BESTARI CABANG BENGKALIS MENURUT PERSPEKTIF ISLAM Oleh: Elisa, S. Akun.” 1–21.

Herispon. (2016). Buku Ajar Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis). Pekanbaru.

Hidayat, Wastam Wahyu. (2018). Dasar-Dasar Analisa Laporan Keuangan. edited by F. Fabri. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Ivani Amelia, Afriyeni. n.d. “Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Solvabilitas Pada PT. BPD Sumatera Barat.” 1–15.

Nuriasari, Selvia. (2018). “Analisa Rasio Likuiditas Dalam Mengukur Kinerja Keuangan.” Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 4(2):1–9.

Sugiatni, Evi. (2021). “Analisis Laporan Keuangan.”

Syamsul Bakhtiar, Dkk. (2019). “ANALISIS RASIO AKTIVITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA ( BEI ) Rina Syamsul Bakhtiar Ass Nurwahidah M Universitas Muslim Maros.” Jurnal Brand 1(2).




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i3.3347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :