STRATEGI YANG MENDORONG MAHASISWA BERWIRAUSAHA DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v24i4.3360Keywords:
Strategi, Wirausaha, Mahasiswa Wiarausaha, Pandemi, Covid-19Abstract
Studi ini menggali faktor-faktor yang mendorong mahasiswa berwirausaha di masa pandemi Covid-19 beserta strategi yang diterapkan dalam bisnis mereka dengan menggunakan penelitian kualitatif. Mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman menjadi informan pada penelitian ini. Hal ini dilatarbelakangi dengan alasan bahwa mahasiswa merupakan seorang yang memiliki tanggung jawab akademik, tetapi beberapa dari mereka memutuskan untuk membangun bisnis yang berpotensi memecah fokus mereka. Di samping itu, mahasiswa merupakan agen perubahan yang diharapkan mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas bangsa, salah satunya dalam bidang ekonomi. Wawancara langsung kepada empat informan dilakukan sebagai proses pengumpulan data yang selanjutnya dilakukan proses triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa niat merupakan faktor utama yang mendorong mahasiswa berwirausaha. Niat itu sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Strategi bisnis yang diulas pada studi ini mengacu pada karakteristik wirausaha, keunggulan kompetitif, serta analisis SWOT. Studi ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memulai usaha di masa pandemi Covid-19 telah memiliki karakteristik wirausaha. Strategi bisnis berupa keunggulan kompeititf juga telah diterapkan dalam bisnis mereka. Adapun analisis SWOT yang dibahas pada penelitian ini merupakan hasil dari analisis faktor pendorong berwirausaha yang kemudian dibagi menjadi empat kategori yang membentuk analisis SWOT, yaitu kategori kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Academic Press. Inc.
Aprilia, C. E. S. (2021). Persentase Peningkatan Segmentasi Pasar Online di Masa Pandemi COVID-19. Kumparan. https://kumparan.com/christy-evanda/persentase-peningkatan-segmentasi-pasar-online-di-masa-pandemi-covid-19-1vBja9BD426/full
Ashshidiqy, N., & Ali, H. (2019). Penyelarasan Teknologi Informasidengan Strategi Bisnis. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i1.46
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021
Dwiastanti, A., & Mustapa, G. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal Dan Strategi Bertahan Umkm Dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha Di Musim Pandemi Covid 19. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 228–240.
E Porter, M. (2007). Competitive Strategy. Harvard University Press.
Eti, K. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah.
Gurl, E. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. The Journal of International Social Research, 10(51).
Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ecobisma, 6(1), 70–78.
Limanseto, H. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Malau, P., Ambarita, L. M., & Sinaga, N. A. (2020). Sosialisasi Strategi Persaingan Bisnis Online di Era Pandemi Covid 19 di Fakultas Hukum Universitas Simalungun. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 432–435.
Martoredjo, N. T. (2020). Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tentangan bagi Sektor Pendidikan? Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–15.
Mujib, A. (2015). Pendekatan Fenomenologi Dalam Studi Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 167–183.
Mukherjee, K. (2016). The Psychology of the Successful Entrepreneur. International Journal of Advanced Engineering and Management, 1(1), 25–32.
Nasution, M. I. P. (2014). Keunggulan Kompetitif dengan Teknologi Informasi. Jurnal Elektronik.
Putri, L. P., & Christiana, I. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Berwirausaha Di Masa Pandemi Covid. Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora), 211–215. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/scenario/article/view/1187
Rusdiana. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktik. CV Pustaka Setia.
Sari, S. P. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930698
Wahyuningsih, E. S., Sagala, D. M., Rahmadani, Y., Arifah, A., & Sari, D. P. P. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Masa Pandemi (Studi PT Indofood Sukses Makmur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3057–3065. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1341
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).