STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK KOPI SIKADU DI KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN
DOI:
https://doi.org/10.32424/jeba.v24i4.3363Keywords:
Diversifikasi Produk, Kopi Sikadu, Volume PenjualanAbstract
Tujuan dilakukan mini riset ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh adanya Strategi Diversifikasi Produk Kopi Sikadudi Kecamatan Mrebet Kapubaten Purbalingga dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Metode mini riset ini terdapat tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor yang Mmempengaruhi Owner Kopi Sikadu menerapkan Strategi Diversifikasi Produk Kopi agar volume penjualan dapat meningkat; (2) Metode yang diterapkan melalu Strategi Diversifikasi Produk terhadap Produk Kopi Sikadu metode adalah dengan metode diversifikasi konsentris, yakni dengan menambah variasi produk yang dipasarkan; (3) dan terdapat pengaruh signifikan atas adanya Diversifikasi Produk Kopi Sikadu terhadap Volume Penjualan.References
Arief, H., & Nurlina, L. (2021, Mei). Pengelolaan Diversifikasi Usaha Berbasis Kopi di Desa Nanggerang Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Media Kontak Tani, 3, No. 2, 57.
Arifin, M. (2018). google.com. Retrieved Desember 2021, from ecampus.iainbukittinggi.ac.id: http://ecampus.iainbukittinggi.ac.id
Fauzani, E. (2021, April). Strategi Pemasaran dan Diversifikasi Produk terhadap Volume Penjualan Buah Nanas (Studi Kasus pada Petani UMKM di Desa Tangkit Baru Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi). Citra Ekonomi, 2, No. 1.
Handayani, S., & Sukoco, A. (2020, Juni). Sosialisasi Pembuatan Permen Jeli Kopi sebagai Diversifikasi Produk Olahan Kopi di Desa Pakis Kecamatan Panti Jember. DINAMIKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, No. 1.
Hermawan, L. (2015, Oktober). Dilema Diversifikasi produk: Meningkatkan Pendapatan atau Menimbulkan Kanibalisme Produk? Jurnal Studi Manajemen, 9, No. 2, 143.
Lahan. (2022, Oktober 4). Pengertian Kopi - Manfaat, Jenis, Sejarah, Daftar Harga & Tanamannya. Retrieved from Web Portal Bisnis Pertanian: https://lahan.co.id/pengertian-kopi/
Nurhidayat. (2019, Agustus). google.com. Retrieved Desember 2022, from digilibadmin.unismuh.ac.id: https://digilibadmin.unismuh.ac.id
Ramdhanto, M. F., Akbar, M., & Agoestyowati, R. (2022, Oktober). Strategi Diversifikasi Produk sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Studi pada CV. Harjaya Enam Makmur. Jurnal Administrasi Bisnis, 2, No. 5.
Sahadewo, G. A., Witoelar, F., & Drope, J. (2020). google.com. Retrieved Oktober 2022, from tobacconomics.org: https://tobbaconomics.org
Sasangka, I., & Rusmayadi, R. (2018, Oktober). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Volume Penjualan pada Mini Market Minimart'90 Bandung. MEA: Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 2, No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).