OPTIMALISASI PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA BENDUNGAN SLINGA PARK DI DESA SLINGA, KABUPATEN PURBALINGGA

Abdillah Diva Roza, Anif Turyono, Elfi Lestari, Esti Afani, Nur Amelia Fitri, Siti Solikhah, Mahardika Cipta Raharja

Abstract


Kabupaten Purbalingga memiliki berbagai potensi wisata terutama pada wisata alam, salah satunya adalah Bendungan Slinga Park. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan pengembangan yang dilakukan serta kendala apa saja yang menghambat proses optimalisasi di Bendungan Slinga Park. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data diambil melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi da triangulasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pengelolaan yang dilakukan di Bendungan Slinga Park masih belum optimal, hal tersebut disebabkan karena ketersediaan sarana dan prasarana yang masih kurang. Selain ini, masalah dana menjadi kendala yang utama. Hal tersebut menyebabkan terhambatnya proses optimalisasi dan pengembangan di Bendungan Slinga Parl. Namun, POKDARWIS Banjarandap tidak putus semangat untuk mengelola objek wisata tersebut. hal tersebut, dibuktikan dengan adanya penambahan fasilitas spot foto dan juga dibukanya taman edukasi pertanian di area yang sama dengan Bendungan Slinga Park.


Keywords


Optimalisasi, Bendungan Slinga Park, POKDARWIS.

References


Chaerunissa, S. F., & Yuniningsih, T. (2019). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisatadesa Wisata Wonolopo Kota Semarang. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Duyansah, R. (2020). Optimalisasi Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Dukun Batuah Di Desa Rantau Suli Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Fakultas Syariah,.

Hikmah. (2021). Pemasaran Pariwisata. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

I., Irmayanti. (2018). "Sistem Pendistribusian Beras Miskin dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Masyarakat Desa Tinggimae Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa)". Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Makassar.

Jannah, M., & Zulkarnaini. (2021). Kapasitas Kelembagaan dalam Pengembangan Arboretum Gambut Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis . PUBLIKA :Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Volume 7, Nomor 2, 191-201.

Mohammad, D. G. & Fauzan A. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Mohammad, Y.A.N. (2021). "Analisis Hukum Islam dan Peraturan Menteri Perdagangan No.15/M-DAG/PER/4/2013 Tahun 2013 terhadap Jual Beli Pupuk Bersubsidi". Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Prasetya, B., Basperi, & Fauzi, M. (2016). Perencanaan Tubuh Bendungan Air Padang Guci Kabupaten Kaur Kabupaten Bengkulu. Jurnal Inersia Volume.8, Nomor.2.

Pratama, R. Y. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Bidang Pariwisata Oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wilayah Ciamis. Jurnal Unigal, 65.

Pratama, R. Y. Optimalisasi Pengelolaan Bidang Pariwisata Oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Wilayah Ciamis.

Rahim, F. (2012). Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Rattu, P. N., Pioh, N. R., & Sampe, S. (2022). Optimalisasi Kinerja Bidang Sosial Budaya Dan Pemerintahan Dalam Perencanaan Pembangunan (Studi Di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa). JURNAL GOVERNANCE, Volume 2, Nomor 1, 1-9.

Sasahang, N., Sambiran, S., & Kairupan, J. (2017). Optimalisasi Pengelolaan Objek Pariwisata dan Kebudayaan Baliranggeng oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Siau Tagulandang Biarao. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Volume 2, Nomor 2.

Suarto, E. (2017). Pengembangan Objekb Wisata Berbasis Analisis SWOT. Jurnal Spasial, Volume 3, Nomor 1.

Sugiyono. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukarman, Al Faridli, M. A., & et,al. (2022). Optimalisasi Pengembangan Kawasan Wisata Melalui Edukasi Sadar Wisata di Desa Somosari Jepara. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 68-69.

Tiara, I. (2019). Pengembangan Destinasi Wisata Rumah Apung di Pantai Brumbun Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. 14-15. Skripsi. Jawa Timur: Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

UU_1999_22. (t.thn.). Diambil kembali dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia: https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_1999_22.pdf.

Yanti, H. (2019). Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu Di Kabupaten Mamuju.

GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Volume 1, Nomor 1, 56-74.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i4.3364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :