Analisis Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sektor Industri di Provinsi Jawa Barat Tahun 2002-2016

Lantip Lila Parahita, Dijan Rahajuni, Kikin Windhani

Abstract


ABSTRAK

Sektor industri memiliki kontribusi yang paling besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Provinsi Jawa Barat. Pada tiap tahunnya PDRB sektor industri selalu mengalami kenaikan, tetapi persentase perubahannya berfluktuasi. Berdasarkan  fenomena tersebut maka penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi PDRB sektor industri di Provinsi Jawa Barat dengan menggunakan variabel Penanaman Modal Asing (PMA), Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), penyerapan tenaga kerja dan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data time series selama 15 tahun dan alat analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan Ordinary Least Square (OLS), penelitian ini menunjukkan hasil bahwa secara simultan variabel PMA, PMDN , penyerapan tenaga kerja dan UMP mempengaruhi PDRB sektor industri di Provinsi Jawa Barat. Sedangkan secara parsial variabel PMA dan UMP berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan PMDN dan penyerapan tenaga kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan. Variabel yang paling berpengaruh terhadap PDRB sektor industri di Provinsi Jawa Barat adalah  PMA.

Implikasi penelitian ini adalah pemerintah menyediakan pelayanan satu loket yang dapat memudahkan investor dalam penyederhanaan perizinan dan birokrasi. Perlunya kebijakan mengenai efisisensi pengelolaan sumber daya alam mengingat penanaman modal merupakan upaya pembangunan berkelanjutan. Gubernur harus lebih memahami kondisi di daerahnya agar besaran upah minimum dapat sesuai dengan kondisi riil yang ada. Pemerintah juga dapat melakukan sosialisasi secara intens mengenai pemberian tunjangan dalam upah minimum agar tidak merugikan pihak pengusaha maupun para pekerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.