KINERJA LEMBAGA AMIL ZAKAT /LAZ DALAM PERSPEKTIF KEUANGAN DAN CUSTOMER (Studi Kasus Di Kabupaten Banyumas)

Authors

  • Dwita Darmawati Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman
  • M. Arifin Mukti Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman
  • Wahyudin Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Sustainable competitive Advantage merupakan isu yang perlu diperhatikan oleh semua organisasi, tidak terkecuali organisasi non profit seperti Lembaga Amil Zakat (LAZ). Agar dapat bertahan, menjadi keharusan bagi LAZ untuk memiliki keunggulan competitive dengan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dan terus menerus melakukan evaluasi terhadap kinerja organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja LAZ dalam perspektif customer dan keuangan; serta menggali permasalahan yang dialami Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Kabupaten Banyumas dalam mengelola dana Zakat, Infak, Shodaqoh (ZIS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa 1) kinerja LAZ dalam perspektif keuangan sudah baik. Tolok ukur dalam perspektif yang digunakan yaitu jumlah pengumpulan dan penyaluran dana ZIS terus mengalami kenaikan. 2) Adapun kinerja dalam perspektif customer, belum menggembirakan. Hal ini ditunjukkan dengan belum puasnya customer ( muzakki dan mustahik) akan pelayanan LAZ. Keandalan, empati dan tangible merupakan faktor kendala dalam memberikan pelayanan kepada customer (3) Permasalahan yang dialami oleh LAZ adalah keterbatasan SDM yaitu sedikitnya jumlah SDM dibanding beban kerja; seringnya terjadi perputaran karyawan. dan status legalitas LAZ. Beberapa implikasi diberikan oleh penelitian ini.

Downloads

Published

2013-11-11