PERAN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS BERAS ORGANIK DI KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Suyono Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pemerintah telah merintis sistim pertanian organik sejak tahun 2001 serta telah mencanangkan program “go organik” sejak tahun 2010. Tujuan program tersebut untuk mewujudkan pengembangan agribisnis berwawasan lingkungan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani. Beras organik mempunyai prospek baik di pasar dalam negeri dan pasar luar negeri, hal ini seiring dengan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan lingkungan. Tujuan paper ini adalah untuk mengetahui: (1) keunggulan agribisnis beras organik, (2) realisasi produksi beras organik, (3) kendala pengembangan agribisnis beras organik, dan (4) peran pemasaran dalam pengembangan agribisnis beras organik di Kabupaten Banyumas. Metode studi literatur dan review hasil penelitian digunakan dalam penulisan makalah ini. Berdasarkan studi literature dan review hasil penelitian diketahui bahwa: keunggulan agribisnis beras organik antara lain: (a) ramah lingkungan sehingga kondisi lahan menjadi lebih baik, (b) biaya produksi padi organik lebih murah dibanding biaya produksi padi konvensional, (c) kualitas beras yang dihasilkan lebih baik dan nilai jualnya tinggi. Namun demikian realisasi budidaya padi organik di Kabupaten Banyumas masih sangat terbatas dan hampir semuanya masih “semi organik” atau belum full organic. Kendala pengembangan agribisnis beras organik antara lain: (a) pengetahuan dan ketrampilan petani tentang teknologi padi organik masih rendah, (b) ketersediaan pupuk dan pestisida nabati masih sangat terbatas, (c) petani kesulitan menjual beras organik dengan harga yang wajar, dan (d) konsumen yang fanatik mengkonsumsi beras organik masih sangat terbatas. Untuk mengembangkan agribisnis beras organik, aspek pemasaran sangat berperan terutama untuk: (a) memasarkan pupuk organik dan pestisida nabati sampai ke petani, (b) mempromosikan keunggulan agribisnis beras organik, dan (c) memperluas jaringan pemasaran beras organik ke segmen potensial di kota besar.

Downloads

Published

2013-11-11