PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KINERJA DENGAN PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT SEBAGAI PEMEDIASI PADA GURU IPA SMP SE-PROVINSI JAWA TENGAH DAN DIY
Abstract
Jurnal dengan judul pengaruh kepemimpinan partisipatif dan learning organizationterhadap kinerja dengan psychological empowermentsebagai pemediasi pada guru IPASMP se-Provinsi Jawa Tengah dan DIYdilakukan untuk menguji variabel-variabel kepemimpinan partisipatif, learning organization, psychological empowermentterhadap kinerja guru mata pelajaran IPA SMP. Penelitian dilakukan di LPMP Jawa Tengah dengan sampel berjumlah 114.
Penelitian menggunakan metode probability samplingdengan teknik simple random sampling.Hasil analisis menunjukkan kepemimpinan partisipatif tidak berpengaruh terhadap kinerja, kepemimpinan partisipatif tidak berpengaruh terhadap psychological empowerment, psychological empowermentberpengaruhpositifterhadap kinerja, learning organizationberpengaruh terhadap kinerja, learning organizationberpengaruh terhadap psychological empowerment.Dengan hasil penelitian ini pihak sekolahdisarankan untuk selalu menjaga keharmonisan semua guru agar selalu bekerja maksimal untuk memperoleh hasil kerja yang sesuai dengan tujuan pendidikan, memberikan kompensasi, reward, dan motivasi lainnya bagiguru yang memiliki kinerja yang tinggi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v19i4.1111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Indexed by :
Partnership with Professional Association :