PENGARUH SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan keluarga terhadap motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar sebagai variabel pemediasi di SM5K Negeri se-Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan sampel sebanyak 336 siswa SMK Negeri di Kabupaten Cilacap.
Hasil penelitian ini adalah: (1) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar; (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar; (3) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi; (4) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi; (5) kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi; (6) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar sebagai variabel pemediasi; (7) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi, dengan kebiasaan belajar sebagai variabel pemediasi.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul Rahman Barakatu. (2007). Membangun Motivasi Berprestasi: Pengembangan Self efficacy dan Penerapanya Dalam Dunia Pendidikan. Lentera Pendidikan Jilid 5.
Ahmadi, Abu. (2007). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Akdon dan Riduwan (2012). Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika, Cetakan I, Bandung; Alfabeta
Anni, Chatarina (2006). Psikologi Belajar, Semarang; UNNES press.
Bandura, A. (2009). Self-Efficacy In Changing Societies Cambridge UK, Cambridge University press
Baron Reuben M dan Kenny David A, (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Reseach: Conceptual Strategic and statistical Considerations; Jurnal of Personality and Social Psychology, Vol 51 No.6 1173-1182
Creswell, J.W (2012), Research Desain Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Cetakan ke dua, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Dapodik.pdkjateng.go.id (2018). Jumlah Data Peserta Didik Berdasarkan jenjang Pendidikan dasar dan Menengah, diakses Agustus 2018
Djaali H. (2012). Psikologi Pendidikan Jakarta: PT. Bumi Aksara
Djiwandono, S.E.W(2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
Jurni Kumaat (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan motivasi berprestasi siswa SMA negeri 1 Montong. Jurnal Forum Pendidikan
Pranitasari Risma Putri (2010), Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap
Motivasi berprestasi pada siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran SMKN Tegal; Semarang, UNNES
Prayitno, Elida ( (1989); Motivasi dalam Belajar; Jakarta ; Depdikbud
Rahayu Fitri Yanti (2014). Peran Orang tua dalam mengembangkan kebiasaan belajar kelas tinggi di SD N 16 Luhak Nan Duo Desa Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat ( studi pada orang tua yang memiliki anak usai SD. Jurnal Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat
Ratna Haryani dan MM.W Tairas. (2014). Motivasi berprestasi pada berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan. Surabaya. Universitas Airlangga
Rola, Fasti. (2006). Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja, Yogyakarta; Jurnal UNY
Santrock.J.W. (2011) Educational psycology (5th ed). New York. NY. McGraw Hill Companies
Slameto. (2003) Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhendra. (2016). Kontribusi motivasi berprestasi terhadap regulasi diri siswa membolos di madrasah aliyah negeri 2 Payakumbuh serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling. Jurnal Konselor ISSN 1412-9760.
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sularti (2008). Program Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan Sikap dan Kebiasaan Belajar Siswa, Bandung: SPS PBK UPI
Suliyanto (2011). Ekonometrika Terapan Teori dan Aplikasi dengan SPSS, Yogyakarta: CV Andi Offsett.
Inayah. (2013). Motivasi berprestasi dan self regulated learning. Junal online psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang
The Liang Gie, (1995). Cara Belajar yang Efisien jilid 2 Edisi ke empat: Yogyakarta: Liberty
Wagiran, (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan implementasi. Yogyakarta: Depublish Publisher
Wahyu Puji Lestari dan Dian Ratnaningtias Afifah (2016). Pengaruh self efficacy dan kecerdasan emosi terhadap motivasi berprestasi siswa SMK PGRI Madiun. Counsellia: Jurnal bimbingan dan konseling
DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Indexed by :
Partnership with Professional Association :