ANALISIS PERBANDINGAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC ETHICAL IDENTITY PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA

Hatta Setiabudhi, Bambang Agus Pramuka, Wita Ramadhanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengungkapan Islamic Ethical Identity perbankan syariah di Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini menguji indeks pengungkapan yang dikembangkan oleh Hanifa dan Hudaib (2007) yaitu Ethical Identity Index.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua bank syariah yang ada di Indonesia dan Malaysia. Dengan menggunakan sampel sebanyak 14 bank syariah terdiri dari 7 bank syariah di Indonesia dan 7 bank syariah di Malaysia yang dijadikan sampel penelitian dengan purposive sampling. Bank syariah tersebut melaporkan laporan tahunannya selama 5 tahun berturut-turut dan menyediakan laporan tahunan tersebut pada websitenya masing-masing. Pengumpulan data sekunder pada penelitian ini dengan cara mendownload laporan tahunan dari masing-masing website bank syariah.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengungkapan Islamic Ethical Identity antara perbankan syariah di Indonesia dan Malaysia.


Keywords


bank syariah, pengungkapan identitas etis Islam

References


Berrone, P., Surroca, J. &Tribó, J.A. Corporate Ethical Identity as a Determinant of Firm Performance: A Test of the Mediating Role of Stakeholder Satisfaction. J Bus Ethics 76, 35–53 (2007) doi:10.1007/s10551-006-9276-1

Haniffa, R. and M. Hudaib. 2007. Exploring the Ethical Identity of Islamic Banks via Communication in Annual Reports. Journal of BusinessEthics76: 97-116. DOI 10.1007/s10551-006-9272-5

Rahman A.A, Saimi Nur S, Danbatta Bello L.2016.Determinants of Ethical Identity Disclosure in Islamic Bank: An Analysis of Practices in Bahrain and Malaysia. Jurnal Pengurusan 46 (2016) 13-22. http://ejournals.ukm.my/pengurusan/article/view/14160/4793

Mardiani, Lenny, Winwin Yadiati, Eddy. Jaenudin.Islamic Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Unit Usaha Syariah (UUS). Jurnal Akuntansi: Kajian Ilmiah Akuntansi Volume 6 Nomor 2 Juli 2019. http://dx.doi.org/10.30656/jak.v6i2.1411

Said Roshima , Mazlifa Md.Daud, Leily Adja Radjeman ,Noridah Ismail. 2013. Probing Corporate Ethical Identity of Shari’ah. Procedia Economics and Finance. Volume 7, 2013, Pages 230-235. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(13)00239-6

Triyuwono, Iwan. 2011. Mengangkat “sing liyan” untuk formulasi nilai tambah syari’ah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Volume 2, Nomer 2, 186-368. http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2011.08.7116

Triyuwono, Iwan. 2015. AkuntansiSyariahPerspektif, Metodologi, danTeori. Rajawali Pers. Jakarta

Utami, Indah Setia.2015. Pengaruh pengungkapan Islamic Ethical Identity Index terhadap kinerja keuangan (Studi Empiris pada Bank Syariah di Indonesia, Malaysia, dan Negara-Negara Gulf Cooperation Council). Tesis. Univeristas Jenderal Soedirman.

Zubairu Umaru M. Sakariyau Olalekan B., Dauda Chetubo K.2012. Evaluation of social reporting practices of Islamic banks in Saudi Arabia. EJBO Electronic Journal of Business Ethics and Orgaization Studies.Vol.17, No.1 (2012).https://jyx.jyu.fi/bitstream/handle/123456789/39892/ejbo_vol17_no1_pages_41-50.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Zubairu Umaru M. Sakariyau Olalekan B., Dauda Chetubo K.2011. Social Reporting Practices of Islamic Banks in Saudi Arabia. International Journal of Business and Social Science.Vol.2 no.23 (special issue-desember 2011) http://www.ijbssnet.com/journals/Vol_2_No_23_Special_Issue_December_2011/23.pdf

Al Qur’an. Surat Ali Imran ayat 130. Diakses pada 12 Desember 2019 pukul 13.00 melalui https://tafsirq.com/3-ali-imran/ayat-130

OJK. 2017. Sejarah Perbankan Syariah. Diakses pada 12 Desember 2019 pukul 13.00 melalui https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Sejarah-Perbankan-Syariah.aspx




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i1.1569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :