PERAN MOTIVASI INTRINSIK PADA HUBUNGAN KEPEMIMPINAN PELAYAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUMAS

Budi Tristianto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Penelitian ini berjudul Peran Motivasi Intrinsik Pada Hubungan Kepemimpinan Pelayanan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran motivasi intrinsik pada hubungan kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja dan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai pada Dinas pendidikan kabupaten Banyumas. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 112 responden. Hasil analisis menyatakan variabel kepemimpinan pelayan berpengaruh positif terhadap variabel motivasi intrinsik, variabel kepemimpinan pelayan berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan kerja, variabel motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja,  variabel motivasi intrinsik memediasi pengaruh kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja, variabel kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Hasil penelitian ini diharapakan dapat menjadi referensi bagi organisasi dalam rangka mengenalkan dan menerapkan konsep kepemimpinan pelayan yang cukup relevan bagi sebuah organisasi pelayanan pendidikan seperti Dinas pendidikan kabupaten Banyumas.


Keywords


Kepemimpinan pelayan, Motivasi Intrinsik, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai

References


Anderson, J. (2008). The writings of Robert K. Greenleaf: An interpretive analysis and the future of servant leadership. Diakses hari Kamis 10 Agustus 2017. www.regent.edu/acad/global/publications/sl.. ,/anderson.pdf.

Anoraga. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta : Rineka Cipta.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Public Relation Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Handoko, Hani. (2004). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Irving. (2005). Servant Leadership and the Effectiveness of Teams. Disertationof Doctor of Philosophy in Organizational Leadership.

Jogiyanto. (2005). “Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis”. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Luthans. (2006). Perilaku Organisasi 10th ed. (Vivin Andhika Yuwono, Shekar Purwanti, Th. Arie, danWinong Rosari, Trans.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Luthans, Fred. (2005). Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh, Diterjemahkan oleh : Vivin Andhika Yuwono; ShekarPurwanti; Th.Arie Prabawati; danWinong Rosari. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mangkunegara, Anwar. (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rasdakarta.

Mazarei, Ebrahim et al. (2013). The Relationships between Servant Leadership Style and Organizational Commitment. Scholars Research Library. Archives of Applied Science Research, 5 (1):312-317.

Mira,Margaretha. (2012). Pengaruh Servant Leadership Terhadap Komitmen Organisasi dan Organization Citizenship Behavior.Jurnal Manajemen, 11(2), 99-116.

Musakabeb. (2004). Mencari Kepemimpinan Sejati, di Tengah Krisis dan Reformasi. Jakarta : Penerbit Citra Insan Pembaru.

Nurgiyantoro. (2004). Statistik Terapanuntuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Patterson, K. (2003). Servant leadership: a theoritical model. Proceeding, Servant Leadership Roundtable. Virginia Beach: Regent University.

Persaud. (2015). A Correlational Study of Servant Leadership and Employee Job Satisfaction in New York City Public Hospital Emergency Rooms. A Dissertation Presented in Partial Fulfillment Of the Requirements for the DegreeDoctorate of Education.

Ridwan. (2005). SkalaPengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rivai, Sagala. (2009). Manajemen Sumber Daya untuk Perusahaan: Dari Teorike Praktik.Edisi II. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Rivai, Veithzal. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins. (2015). Perilaku Organisasi. Edisi 16. Salemba Empat: Jakarta.

Rorimpandey. (2013). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Transaksional, Situasional, Pelayanan dan Kepemimpinan Autentik Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan di Kecamatan Bunaken Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol. 1. No.4 Hal 2233 - 2244.

Smith, B.N., Montagno, R.V., and Kuzmenko, T.N. (2004). Journal of Leadership and Organizational Studies, 10(4), 80-91.

Vondey. (2010). The Relationships among Servant Leadership, Organizational Citizenship Behavior, Person-Organization Fit, and Organizational Identification. International Journal of Leadership Studies. 6(l), hal.4-27.

Weiss, Cropanzano. (1996). An Effective Evets Approach to Job Satification. Research in organizational Behaviour. Vol. 18. pp 1-74.

Wibowo. (2007). Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Yukl.(1989). “Management Leadership :A Review of Theory and Research”. Journal of Management,Vol. 15, No.2, State University of New York at Albany.P:251-289.

Vest M. J., Scott K.D., and Markham S. E. (1994). “Self Rated Performance and Pay Satisfaction, Merit Increase Satisfaction and Instrumentality Beliefs in a Merit Pay Environment”. Journal of Business &Psychology, Vol.9 No.2, p.171-181.

Yukl. (2010). Leadership in Organizations,EdisiSeventh, USA, Paerson Education




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i1.1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :