TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL SEBAGAI PREDICTED TEORY PADA PEMANFAATAN TEKNOLOGI UMKM DI ERA NEW NORMAL

Rezky Pramurindra, Dzikria Afifah Primala, Pretisila Kartika Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor yang mempengaruhi perilaku UMKM dalam menggunakan teknologi. Penelitian menggunakan teori TAM untuk mengidentifikasi faktor-faktor determinan yang berpengaruh terhadap penerimaan (acceptance) UMKM untuk menggunakan teknologi. Apakah persepsi kemanfaatan (perceived of usefulness), persepsi kemudahan (perceived ease of use) dan attitude toward using mempunyai pengaruh terhadap minat perilaku (behavioral intention) UMKM untuk menggunakan teknologi. Pengujian data dalam penelitian menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM)-Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian meliputi seluruh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Banyumas. Teknik purposive sampling digunakan untuk memperoleh sampel yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Data penelitian primer yang digunakan dalam penelitian diperoleh melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perceived Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap UMKM untuk menggunakan teknologi digital; (2) Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap UMKM untuk menggunakan teknologidigital; (3) Attitude Toward Using berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan teknologi digital oleh UMKM.


Keywords


Perceived of usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, intention to use

References


Anjelina, A. (2018). Persepsi Konsumen Pada Penggunaan E-Money. Journal of Applied Managerial Accounting, 2(2), 219–231. https://doi.org/10.30871/jama.v2i2.934

Assegaff, S. (2017). Analisis Perilaku User pada Pemanfaatan Layanan Pemesanan Tiket Online pada Aplikasi Mobile (Prespektif Kepercayaan dan Resiko oleh Konsumen). Jurnal Manajemen Teknologi, 16(1), 62–80. https://doi.org/10.12695/jmt.2017.16.1.5

Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. 2020. Media Breifing Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Badan Pusat Statistik. 2020. Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha.

BPS Republik Indonesia

Bank Indonesia. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kerjasama LPPI dengan Bank Indonesia

Bryman, A. (2012). Social Research Methods 4th edition. New York: Oxford University Press. Creswell, John, W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods

Approaches. United States of America: SAGE Publications Ltd.

Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance Of Information Technology. MIS Quarterly

Fuad, S., Sangen, M., & Albushari, S. A. (2018). Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Perceived Risk Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Online Di Kalimantan. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 6 Nom, 310– 328.

Ghozali, Imam. (2008). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harisuddin, Fariz. 2020. 5 Platform Digital untuk Meningkatkan Penjualan. Kumpulan Tips Praktis untuk UMKM Beradaptasi dalam Merespon Dampak Covid-19. Kemeterian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia

Jogiyanto. 2008. Sistem Informasi Keperilakuan. Andi: Yogyakarta

Jogiyanto, HM., Abdillah, Willy. (2009). Konsep Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Mahardhika, A. S. (2019). Akuntan di Era Digital: Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) Pada Software Berbasis Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 08(01), 5–10.

Primasari, Dona. 2018. Akuntansi Keperilakuan: Konsep Dann Teori Empiris Dalam Riset Akuntansi. Penulis Muda: Banyumas

Purwono, Rudi. 2018. Kebijakan Fiskal Yang Mendorong Pertumbuhan UMKM Daerah. Forum Ekonom Kementerian Keuangan Tahun 2018.

Richards, C. 2004. Synopsis-OODA Book, "Certain to Win: The Strategy of John Boyd Applied to Business. X libris Corporation

Richards, Chet. 2008. Crisis Management: Operating Inside Their OODA Loops. First Adaptive Leadership Symposium. Atlanta, 2008.

Robiani, Bernadette. 2018. Kebijakan Fiskal Yang Mendorong Pertumbuhan UMKM Daerah. Forum Ekonom Kementerian Keuangan Tahun 2018.

Salam, M. F. (2018). Analysis of TAM in Understanding Customers Decision to Use Gopay. Jenderal Soedirman University.

Soetjipto, Noer, HM. 2020. Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintas Pandemi Covid-19. K- Media: Yogyakarta

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). 2000(2)_MS_Venkatesh_Davis.pdf. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926

www.cnbcindonesia.com. Di kala pandemic GoPay Justru Bantu Ekonomi diakses pada 28 Juni 2021

www.covid19.go.id. Situasi Covid-19 di Indonesia diakses pada 27 Juni 2021 www.idea.or.id. Diakses pada 27 Juni 2021

www.kominfo.go.id 3,79 Juta UMKM Sudah online diakses pada 27 Juni 2021

www.kominfo.go.id. Ini Strategi Kemenperin Percepat Target 6,1 Juta UMKM Go Digital diakses pada 14 November 2021

www.nasional.kontan.co.id. Total Nilai Transaksi 4 Marketplace terbesar pada Tahun 2020 capai Rp. 276,87 triliun diakses pada 27 Juni 2021

www.pikiranrakyat.com. 58% Kaum Milenial Beli Makanan Menggunakan Aplikasi Pesan- Antar diakses pada 28 Juni 2021




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i4.3359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :