Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth dan E-Servicescapes terhadap Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli Online (Studi pada Pengguna E-commerce Shopee)

Imelda Nova Ayu Ningtyas, Sri Murni Setyawati, Tiladela Luhita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM dan e-servicescapes terhadap kepercayaan konsumen dan minat beli online pada pengguna situs belanja online Shopee. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang merupakan pengguna internet aktif dan pernah menggunakan aplikasi e-commerce Shopee. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 107. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan regresi linier bertahap meggunakan SPSS (Statistical Program Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM, daya tarik estetika, keamanan finansial berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen, sedangkan tata letak tidak memliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli online. Implikasi dari penelitian ini Shopee perlu membangun dan mengembangkan strategi promosi melalui komunikasi dari mulut ke mulut, meningkatkan pada aspek daya tarik estetika yang positif, serta meningkatkan keamanan finansial secara online


Keywords


e-WOM, e-sevicescapes, kepercayaan konsumen, dan minat beli.

References


Adistya. C., Idris. (2017). Analisis pengaruh kualitas online word-of-mouth dan keamanan terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Diponegoro Jurnal of Management. 6(3), 1-11.

Ferdinand, Augusty. 2002. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gruen, T.W., T. Osmonbekov, dan A.J. Czaplewski. (2006). EWOM: the impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty. Journal of Business Research. 59(4), 449-56.

Handayani, S. P., dan Purnama, B. E. (2013). Pembuatan website e-commerce pada distro java trend. Seminar Riset Nasional Informatika dan Komputer, 19.

Harris, L. C. And M. M. H. Goode. ( 2010). Online servicescapes, trust, and purchase intentions. Journal of Services Marketing. 24( 3), 230-243.

Kim, H.K dan J.H. Song. (2010). “The quality of word-of-mouth in the online shopping mall”. Journal of Research in Interactive Marketing. 4(4), 376 – 390.

Mayer, R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D., (1995), An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review, 30 (3): 709-734.

McKnight, D.H., V. Choudhury, dan Kacmar, C. (2002). "Developing and validating trust measuresfor ecommerce: An integrative typology. Information Systems Research, 13(3), 234–361.

Nusantara, G. S. (2017). Analisis pengaruh e-servicescape terhadap kepercayaan, konsumen pada website mataharimall.com. Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

Pavlou, P. A. (2003). "Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk withthe technology acceptance model". International Jurnal Electronic Commerce.7(3).101-134.

Roca, Juan Carlos, J.J. García, dan Juan José de la Vega. (2008). "The importance of perceived trust, security and privacy in online trading systems", Information Management & Computer Security. 17(2), 96 – 113.

Rosdiana, R dan I. A. Haris. (2016). “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online”. International Journal of Social Science and Business. 2(3), 169-175.

Schiffman, Leon G and Kanuk. (2008). Consumer Behavior. Prentice Hall Internasional




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v25i2.3770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :