Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Peningkatan Business Performance pada Bumdes “Dadi Mulya” Desa Alasmalang Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas
Abstract
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Dadi Mulya” Desa Alasmalang memiliki 5 macam unit usaha yaitu Pengadaan material barang dan jasa, Penyewaan alat pengaduk semen (molen), Depot air minum isi ulang “ASSIKA”, Pengadaan Sembako untuk BLT dan Sarana Produksi Pertanian (Saprotan). Penting bagi BUMDes “Dadi Mulya” untuk terus meningkatkan business performance sehingga dapat memberikan pemasukan bagi Desa Alasmalang. Sebagai badan usaha yang baru berdiri, membangun citra perusahaan menjadi dasar sebagaimana perusahaan pada umumnya beroperasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan citra perusahaan dalam meningkatkan business performance BUMDes “Dadi Mulya” Desa Alasmalang. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan indikator citra perusahaan berupa identitas perusahaan, nilai perusahaan, dan kepercayaan sebagai acuan wawancara dengan teknik wawancara semi tersktruktur. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari penelitian didapatkan adanya usaha-usaha BUMDes “Dadi Mulya” untuk meningkatkan business performance dengan membangun citra perusahaan yang dilihat melalui hasil wawancara dengan informan memilih pelanggan, Kepala Desa, pegawai dan pengurus BUMDes “Dadi Mulya”.
Keywords: Citra Perusahaan; Business Performance; BUMDes
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro. 2016. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. 2004. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ardianto, Alvinaro. (2011) Handbook Of Public Relations. Pengantar Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya Bandung
Ene, S., & Ozkaya, B. (2014). A study on corporate image, customer satisfaction and brand loyalty in the context of retail stores. Asian Social Science, 10(14), 52-66
Kanaidi.2010, Pengaruh Customer Relationship, Citra Perusahaan, dan Customer Trust Terhadap Loyalitas. “COMPETITIVE” Majalah Ilmiah, Volume 6 No.2. Desember 2010, ISSN: 0216 – 2539
Kanaidi, 2010, Pengaruh Customer Value dan Corporate Image Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Paket Pos di Wilayah Pos Bandung Raya. “COMPETITIVE” Majalah Ilmiah, Vol 6 No.2 Desember 2010, ISSN: 0216 : 2539
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English: Pearson Education Inc
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Sella Kurnia Sari. 2012. “Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Konsumen (Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston Karimun City hotel)”. Jurnal Pemasaran.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sutisna dalam Kanaidi (2010). Prilaku konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya
Weiwei, T., Impact of Corporate Image And Corporate Reputation On Customer Loyalty: A Review, Management Science and Engineering, 1(2), (2007),
Refbacks
- There are currently no refbacks.