Efektivitas Dan Akuntabilitas Pengalokasian Dana Desa untuk Optimalisasi Badan Usaha Milik Desa Gemahripah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan akuntabilitas pengalokasian dana desa untuk optimalisasi BUMDes Gemahripah di Desa Sudagaran Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memakai data primer maupun sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efektivitas pengalokasian dana desa untuk optimalisasi BUMDes Gemahripah belum efektif walaupun dalam perhitungan rasio efektivitas menunjukan hasil sangat efektif. Pemerintah Desa Sudagaran juga sudah menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa. BUMDes Gemahripah juga sudah memiliki manfaat untuk masyarakat walaupun belum maksimal.
Keywords: Efektivitas, Akuntabilitas, Dana Desa, BUMDes.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. A. (2014). Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian Pada Kaltimgps.Com Di Samarinda. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis.
Alvaro, R., & Christianingrum, R. (2020). Menakar Peran Dana Desa Dalam Menekan Kemiskinan Desa. 1–16.
Cnnindonesia. (2021). ICW: Tahun 2021, Aparat Desa Paling Korup Di Indonesia. Https://Www.Cnnindonesia.Com/Nasional/20210912162748-12-693206/Icw-Tahun-2021-Aparat-Desa-Paling-Korup-Di-Indonesia
Ehsan, M. (2003). Orgin, Ideas And Practice Of New Public Management: Leason For Developing Countries. Asian Affairs., 25.
Hartono. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah Dan Pengalamanpengalaman (6th Ed.). BPFE-Yogyakarta.
Icuk, B., & Erwin, S. (2019). Panduan Penggunaan Dan Pengelolaan Dana Desa (U. Cindy (Ed.)). GRASINDO.
Katadata.Co.Id. (2019). Dana Desa Dinilai Tak Berhasil Kurangi Kemiskinan. Katadata.Co.Id. Https://Katadata.Co.Id/Yuliawati/Finansial/5e9a4c3dbafd3/Dana-Desa-Dinilai-Tak-Berhasil-Kurangi-Kemiskinan
Kemenkeu. (2017). Buku Saku Dana Desa. Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 7.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2017). Buku Pintar Dana Desa. Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 113.
Kontan.Co.Id. (2021). Sebanyak 35% Bumdes Di Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19. Nasional.Contan.Co.Id. Https://Nasional.Kontan.Co.Id/News/Sebanyak-35-Bumdes-Di-Indonesia-Terdampak-Pandemi-Covid-19
Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik (4th Ed.). ANDI Yogyakarta.
Meckling, M. C. J. And W. H. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure. Journal Of Financial Economics, 3, 305–306. Https://Doi.Org/10.1177/0018726718812602
Mukaddas, J., Handa, I., & Hasddin, H. (2021). Efektivitas Program Dana Desa Dalam Pengentasan Kemiskinan Masyarakat Daerah 3T Di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(2), 251–259. Https://Doi.Org/10.35326/Pencerah.V7i2.1113
Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara, (2014).
Putra, I. M. Y. D., & Rasmini, N. K. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Dan Partisipasi Masyarakat Pada Efektivitas Pengelolaan Dana Desa. E-Jurnal Akuntansi, 28, 132. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2019.V28.I01.P06
Rochmansjah, C. S. Dan H. (2014). Pengelolaan Keuangan Desa. Fokus Media.
Saleh, M., Trishuta Pathiassana, M., & Faturrahman, F. (2020). Perubahan Alokasi Anggaran Dana Desa Terhadap Pencegahan Covid-19 Di Kecamatan Moyo Hulu. Jurnal TAMBORA, 4(2A), 33–40. Https://Doi.Org/10.36761/Jt.V4i2a.767
Saputra, K. A. K., Pradnyanitasari, P. D., Priliandani, N. M. I., & Putra, I. G. B. N. P. (2019). Praktek Akuntabilitas Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Desa. Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 10(2), 168–176.
Setiawan, A. (2019). Analisis Perbedaan Tingkat Kemiskinan Dan Ketimpangan Perdesaan Sebelum Dan Sesudah Digulirkannya Dana Desa. Journal.Feb.Unmul, 16(1), 31–35.
Refbacks
- There are currently no refbacks.