Analisis Efektivitas Revitalisasi Pasar Desa dan Dampaknya terhadap Pendapatan dan Pengelolaan di Pasar Wage Kalisalak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tingkat efektivitas program revitalisasi pasar di Pasar Wage Kalisalak Kecamatan Kebasen dilihat dari segi input, proses dan output, 2) Kondisi pendapatan pedagang sebelum dan setelah program revitalisasi di Pasar Wage Kalisalak Kecamatan Kebasen, 3) Kondisi pengelolaan pasar sebelum dan setelah program revitalisasi pasar di Pasar Wage Kalisalak Kecamatan Kebasen, 4) Perbedaan kondisi lingkungan antara sebelum dan sesudah revitalisasi. Penelitian ini dilakukan di Pasar Wage Kalisalak, Kecamatan Kebasen dengan responden pedagang sebanyak 78 sampel responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji mc nemar, dan uji beda dua rata-rata sampel berpasangan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, observasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa tingkat keberhasilan program revitalisasi pasar desa dilihat dari variabel input tingkat efektivitasnya sebesar 60 (cukup efektif), variabel proses tingkat efektivitasnya sebesar 52,5 (tidak efektif), dan variabel output sebesar 97,5 (sangat efektif). Peningkatan pendapatan pedagang setelah dilaksanakannya program revitalisasi pasar tradisional.
Keywords: efektivitas, revitalisasi pasar, pengelolaan pasar, pendapatan pedagang.
Full Text:
PDFReferences
Made Santana Putra Adiyadnya dan Nyoma Djinar Setiawan. 2014. Analisis Efektivitas Program Revitalisasi Pasar Tradisional di Pasar Agung Peninjoan Desa Peguyangan Kangin. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4.04. h: 265-281
Neilson. A. C. 2004. Modern Supermarket (Supermarket Modern), Penerjemah, AW Mulyani. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Diambil dari http://hukum.unsrat.ac.id/pres/perpres_112_2007.pdf, diakses tanggal 19 Juni 2016
Miles, P.M., Covin, G.J. & Heeley, B.M. (2000). The relationship between environmental dynamism and small firm structure, strategy, and performance. Journal of Marketing Theory and Practice, 10, 63-74.
Sugiyono, 2004.Metodologi Penelitian Bisnis Bandung : CV .Alfabeta Tsani Khoirur Rizal. 2013. Regulasi Pasar Modern dan Pasar Tradisional dalam Persaingan Usaha. Jurnal Ilmu Sosial. Vol. 3, h:3-8
Weda Kupita dan Rahadi Wasi Bintoro. 2012. Implimentasi Kebijakan Zonasi Pasar Tradisional dan Pasar Modern (Studi di Kabupaten Purbalingga).Jurnal Dinamika Hukum. Vol. 12, h:47-57 Yusuf, Farida,T. 2000. Evaluasi Program, Jakarta : PT. Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.