PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN LABORATORIUM KLINIK AN NUR CILACAP

Dinda Sekar Paramitha, Pramono Hari Adi, Budi Aji

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi pasien terhadap pelayanan laboratorium di Klinik An Nur Cilacap ditinjau dari 8 dimensi mutu pelayanan kesehatan dan mengidentifikasi peran manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan  melakukan evaluasi pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan partisipan informan. Informan utama adalah 20 orang pasien Medical Check Up, sedangkan informan triangulasi adalah 6 orang petugas laboratorium, 1 orang dokter penanggung jawab laboratorium, 2 orang manajemen klinik, dan 3 orang perawat klinik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan persepsi pasien cukup baik ditinjau dari dimensi kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektifitas, hubungan antar manusia, efisiensi, kesinambungan, keamanan, dan kenyamanan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu meningkatkan keterampilan dalam pengambilan sampel darah, penambahan jumlah SDM laboratorium, evaluasi berkala mengenai kinerja SDM laboratorium, pengadaan buku pencatatan reagen, dan meningkatkan sarana dan prasarana di klinik. Manajemen klinik dapat berperan untuk melakukan evaluasi secara berkala dengan menerapkan siklus PDCA (Plan Do Check Act) untuk meningkatkan pelayanan laboratorium.


Keywords


Persepsi Pasien, Pasien Medical Check Up, Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan

References


Arisanti, Dewi, Riadi Harimuswarah, dan Rifo Rianto. (2016). Gambaran Mutu Pelayanan Pada Laboratorium Klinik di RSUD Labuang Baji Kota Makassar. Politeknik Negeri. Ujung Pandang.

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Budiarti, Aris. (2016). Pengaruh Biaya Pelayanan dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. Malang: Akademika.

Chusna, Nur., Titra Fetriana, dan Rabiatul Adawiyah. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Pahandut Kota Palangkaraya. Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Erviana, O. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Soewondo Kendal. Universitas Negeri Semarang.

Febrian, Webi., Atni Primanadini, dan Muhammad Arsyad. (2018). Survei Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pengambilan Darah di Laboratorium RSUD Idaman Banjarbaru. Banjarbaru: D3 Teknologi Laboratorium Medik.

Kaswadi, Dela Ayu., Eko Wulandari, dan Anita Trisiana. (2019). Pentingnya Komunikasi Sosial Budaya di Era Globalisasi Dalam Perspektif Nilai Pancasila. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.

Liansyah, Tita Menawati dan hendra Kurniawan. (2015). Pentingnya Komunikasi Dalam Pelayanan Kesehatan Primer. Aceh: Jurnal Kedokteran Syiah Kual.

Latifah dan Annisa Khoiriah. (2021). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan. Palembang: Jurnal Aisyiyah Merdeka.

Muninjaya, I Gede. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Muninjaya, Gde AA. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Martha, Evi dan Sudarti Kresno. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan. Jakarta: RajaGrafindo.

Mujamiasih, Murti. (2013). Subjective Well-Being (SWB) : Studi Indigenous pada PNS dan Karyawan Swasta yang Bersusku Jawa di Pulau Jawa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Klinik. Jakarta: Depkes RI.

Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2013 Tentang Cara Penyelenggaraan Laboratorium Klinik yang Baik. Jakarta: Depkes RI.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Shabri, Ibnu Yazid., Tarsyad Nugraha, dan Darwin Syamsul. (2019). Analisis Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesma Terakreditasi Aek Loba Kabupaten Asahan. Asahan: Institut Kesehatan Helvetia.

Uppal, Neha., et al. (2018). A Study of Patient Perception for Biochemistry Laboratory Services in A Tertiary Care Hospital – A Qualitative Study. New Delhi: International Journal of Clinical Biochemistry and Research.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i4.2874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :