KOMPARASI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP BPJS DAN NON BPJS PADA MASA PANDEMI DI RSUD PURBALINGGA

Dyah Handayani Nastiti, Pramono Hariadi, Dwita Darmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan survei pada pasien BPJS dan pasien Non BPJS rawat inap dari RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah… Populasi dari penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang sedang mendapatkan perawatan di RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dengan status sebagai pasien BPJS maupun pasien Non BPJS dengan rata-rata kunjungan setiap bulan sebesar 1123 pasien, yaitu pasien BPJS 584 pasien dan non BPJS 539 pasien. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan Uji Independent T Test Variabel Kepuasan Pasien, diketahui hasil signifikansi dari uji independent t-test variabel kepuasan yaitu sebesar 0,012. Hasil 0,012 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara kepuasan pasien BPJS dengan pasien non BPJS. Kepuasan pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Goeteng lebih rendah dibanding dengan kepuasan pasien Non BPJS dengan dimensi responsiveness memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap kepuasan pasien dilihat berdasarkan nilai t hitung sebesar 8,046 dimana ini lebih besar dibandingkan dengan nilai t hitung variabel yang lainnya.


Keywords


Komparasi, Kepuasan, Pasien.

References


Abdillah, W. dan Hartono, J. (2015) . Partial Least Square (PLS): Alternative Structural Equation Modelling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Indonesia: Klasifikasi dan perizinan rumah sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kuncoro, dan Wibowo, D. B. (2018). Tantangan pertumbuhan industri pelayanan kesehatan di Indonesia. Diakses pada 18 November 2020, dari https://www.cekindo.com/id/blog/tantangan-terbesar-pasar-kesehatan-indonesia

Biro Riset BUMN Center LM FEUI. (2012). Analisis potensi layanan kesehatan Indonesia. Depok: LMFE Universitas Indonesia.

Tjiptono, F. (2012). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Saleh, Z. (2012). Pengaruh ronde keperawatan terhadap kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Indonesia, Depok, Indonesia

Nahla, A. P. (2017). Faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Pelamonia Kota Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Hasanuddin Makassar, Makasar, Indonesia

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v23i4.2875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :