Analisis Strategi Pemasaran BUMDes Kartika Mandiri Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas

Renaldi Rizqi Fadhillah, Adi Indrayanto, Dian Purnomo Jati, Suparjito Suparjito

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode Analisis– Deskriptif. Teknik pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan melalui studi kepustakaan dan lapangan. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian, untuk memvalidasi keabsahan data, maka dilakukan triangulasi, yaitu triangulasi data dan triangulasi sumber. Penelitian ini mengambil judul “Analisis Pemasaran BUMDes Kartika Mandiri Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas”. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis strategi pemasaran BUMDes Kartika Mandiri Desa Karangkemiri, Pekuncen, Banyumas menggunakan bauran pemasaran. Strategi tersebut diterapkan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung strategi pemasaran yang dilakukan oleh BUMDes Kartika Mandiri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Pemasaran yang dilakukan oleh BUMDes Kartika Mandiri masih sangat sederhana, yaitu hanya dari mulut ke mulut. Hal tersebut disebabkan terbatasnya kemampuan manajerial dan penguasaan IT dari pengurus dan anggota BUMDes. Selain itu, sarana dan prasarana yang tersedia juga belum memadai sehingga BUMDes belum bisa memenuhi permintaan produk dalam jumlah besar. 2. Penyusunan strategi bauran pemasaran yang diterapkan masih sederhana karena masih berorientasi pada produksi. Salah satu upaya peningkatan daya saing BUMDes yaitu menyediakan harga yang murah dan terjangkau dibandingkan pesaing usaha lainnya. Strategi distribusi yang dilakukan menggunakan distribusi langsung dan tidak langsung melalui distributor/mitra. Promosi dilakukan secara offline menggunakan banner dan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth)

Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Bauran Pemasaran; Produk; Harga; Tempat; Promosi; Desa Karangkemiri, BUMDes.


Full Text:

PDF

References


Ansari, B., et al (2013). Sustainable Entrepreneurship in Rural Areas. Research Journal of Environ Mental and Earth Science. Vol 5 No. 1:26-31

Assauri, S. A. 2013. Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value. PT Raja Grafindo Persada, Depok.

Djaelani, S., Asyari, Y., Yuliani, Y., & Suryadi, H. (2020). Strategi Pemasaran Buah Jeruk Petani Melalui Bumdes Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Emzir. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Dan Analisis Data. PT RajaGrafindo Persada.

George Steinner, Jhon Minner, Manajemen Stratejik, (Jakarta: Erlangga, 2002), hlm. 20.

Irawan, F. W. (1988). Pemasaran Prinsip Dan Kasus Edisi 2. In (Studi Kasus CV Turangga Mas Motor) Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Kango, U. (2018). Strategi Pemasaran Jagung Gorontalo Sebagai Program Unggulan Daerah. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(3), 366-391.

Kotler, P dan K. L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Erlangga, Jakarta

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesepuluh. PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Media Group

Kotler, P., & Armstrong, (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta. Penerbit Erlangga.

Maryunani. 2008. Pembangunan Bumdes dan Pemerdayaan Pemerintah Desa. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nuraeni, L., & Harnanik, H. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647-655.

Purnomo. 2004. Pembangunan Bumdes dan Pemerdayaan Masyarakat Desa, Makalah, BPMPD, Lombok Timur.

Rusmanah, dkk. 2019. Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM Mengabdi. Volume 6(1).

Sa'diyah, H., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Omset Penjualan UMKM Kerajinan Kopyah. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 107-122.

Semiawan, Conny R. 2010. Metodei Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis: untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi (A.Cristian(ed.) ). Penerbit ANDI OFFSET.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Utami, D. P. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Mikro Pengolahan Kulit Manggis KWT Sri Lestari Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Surya Agritama: Jurnal Ilmu Perkebunan dan Peternakan, 9(1), 13-23.

Wijanarko, Agung Septiawan. 2012. Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pandan Krajan Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto (SKRIPSI). Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.