Pengaruh home visit dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto

Konita Dian Dwita, Ade Irma Anggraeni, Haryadi Haryadi

Abstract


Home visit pada sekolah dasar menjadi penting karena guru kelas memiliki tugas untuk mengajarkan semua mata pelajaran, kecuali olah raga dan pendidikan Agama. Karena mengajarkan semua mata pelajaran, guru pada prakteknya hanya mengejar target pelaksanaan kurikulum agar terpenuhi. Pada akhirnya, setiap guru hanya bertugas memburu target terselesainya kurikulum, sehingga hal-hal yang teknis dalam praktek pendidikan terabaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruhpelaksanaan home visitterhadap hasil belajar, kemudian menganalisis pengaruh motivasi belajar  terhadap hasil belajar serta untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan home visit dan motivasi belajar siswa  terhadap hasil belajar siswa.

Penelitianini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Objek penelitianini adalahlayanan home visit, motivasi belajar , dan hasil belajar siswa di SD IT Harapan Bunda Purwokerto.Adapun lokasi di dalam penelitian ini dilakukan di SD IT Harapan Bunda Purwokerto. Waktu  penelitian dilakukan pada bulan Desember  2017.Berdasar pembahasan yang telah dilakukan, maka kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: a). Pelaksanaan layanan home visitberpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SD IT Harapan Bunda Purwokerto, semakin baik pelaksanaan layanan home visitmaka akan meningkatkan hasil belajarsiswa; b). Motivasi belajar siswaberpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SD IT Harapan Bunda Purwokerto, semakin baik motivasi belajar siswa,maka akan meningkatkan hasil belajar siswa; c). Pelaksanaan layanan home visitdan motivasi belajar siswaberpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SD IT Harapan Bunda Purwokerto, semakin baik pelaksanaan layanan home visitdan motivasi belajar siswa, maka akan meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: home visit, motivasi belajar, hasil belajar 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v20i1.1084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :