PENGARUH PERSEPSI RESIKO, KENIKMATAN BELANJA, DAN DESAIN SITUS TERHADAP NIAT BELI ONLINE (STUDI PADA PELANGGAN ZALORA)
Kurniawan Adi Sarjono
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh persepsi resiko, kenikmatan belanja, dan desain situs terhadap niat beli online dalam konteks online shopdengan produk fashion dan aksesoris Zalora. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian konsumen secara online, terutama mengenai faktor persepsi resiko, kenikmatan belanja, dan desain situs. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Responden berjumlah 100 orang yang diambil di wilayah Kota Purwokerto. Metode non probability samplingdengan teknik purposive samplingdigunakan dalam metode sampling dalam penelitian ini. Untuk menguji hubungan antar variabel digunakan metode analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi resiko berhubungan negatif dan signifikan terhadap niat beli online, kenikmatan belanja berhubungan positif dan signifikan terhadap niat beli online, dan desain situs berhubungan positif dan signifikan terhadap niat beli online. Hal ini memberikan masukan bagi perusahaan untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada para konsumen bahwa transaksi onlinedilakukan sesuai dengan yang dijanjikan demi meminimalisir resiko kerugian. Selain itu juga perlu menampilkan foto dan video mengenai produk-produk yang dijual dengan susunan yang menarik dan pengaturan (setting) yang memudahkan konsumen dalam berbelanja secara online dan meningkatkan kualitas desain situs melalui menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para konsumen