PENGARUH FAKTOR CIRI KEPRIBADIAN DAN KEPRIBADIAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK SMARTPHONE OPPO
Nuniek Tri Yuntanti, Agus Suroso, Refius Pradipta Setyanto
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan antara ciri kepribadian dan kepribadian merek serta pengaruh ciri kepribadian dan kepribadian merek terhadap loyalitas merek pengguna smartphone Oppo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan diklasifikasikan dalam penelitian asosiatif. Metode penelitian ini adalah survey dengan sampel adalah pengguna smartphone Oppo di wilayah Purwokerto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 sampel dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengujian statistik yang dilakukan adalah menggunakan analisis regresi linier berganda sedangkan untuk pengujian hubungan antara variabel ciri kepribadian dan kepribadian merek menggunakan analisis korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian ciri kepribadian berhubungan positif signifikan dengan kepribadian merek, kepribadian merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, namun ciri kepribadian tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek smartphone Oppo.